Rabu, 28 Juli 2021

Festival Film Pendek BPNB SUL SEL 2021. Andi Agus: Kami Yang terbaik ke 2"

Festival Film Pendek BPNB SUL SEL 2021. Andi Agus: Kami Yang terbaik ke 2"

 


Rakyatindonesia.id Balai Pelestarian Nilai Budaya  Sulawesi Selatan mengadakan festival film pendek 2021 dengan berbagai tahap seleksi. Pertama, tahap pendaftaran (7-18Juni 2021), pengumuman peserta terpilih (21 Juni 2021) workshop film pendek (24-26 juni 2021) dengan tema "Jalur Rempah sebagai warisan budaya generasi muda" . dan selanjutnya penggarapan hingga yang terakhir pengumuman pemenang tanggal 28 Juli 2021 di hotel Claro, kota Makassar.


Total hadiah pada festival film pendek kali ini sebesar Rp. 50.000.000. Hadiah yang diperebutkan oleh 35 kelompok adalah Rp. 15 jt untuk juara 1, Rp. 10 jt untuk juara 2, dan 5 jt untuk juara 3. Dalam festival tersebut diberikan apresiasi dengan empat kategori: untuk Sutradara Terbaik (Rp. 5 jt), Editor Terbaik (Rp. 5 jt), dan Penulis Skenario Terbaik (Rp. 5 jt), serta Film Favorit (Rp. 5 jt)


Film pendek dengan mengusung ide cerita rasa ingin tahu dan menjadikan sara'ba sebagai objek adalah hasil naskah film dari Andi Agus.

"Alhamdulillah kami juara 2 dan berhasil membawa pulang uang tunai Rp. 10 Jt dan sutradara 5 jt. Alhamdulillah 15 jt kami bawa pulang. Film ini bertema jadul dan properti yang digunakan pula demikian. Misalkan, gelas dari tempurung kelapa, lampu pijar, anyaman tradisional dari daun kelapa"


Lebih lanjut ia mengatakan bahwa ini bagian dari kreatifitas yang tinggi dan kerja tim yang solid.


"Skenario dalam film ini sudah jelas dan idenya saya rasa unik. Saya bangga dengan tim produksi dan pemain yang bekerja dengan maksimal. Ini wujud karya dan kreatifitas yang tinggi dari Yuslih Muslihuddin Mus sebagai sutradara terbaik, Andi Firzan sebagai editor (masuk dalam nominator editor terbaik), dan saya (Andi Agus-nominator penulis naskah terbaik) sebagai penulis skenario film. Yang terpenting kami sudah membuktikan bahwa kami yang terbaik ke 2 dari yang baik itu. Kini saatnya untuk belajar lebih giat lagi. Ini adalah kemenangan bersama, saya, anda, dan kalian semua. Itulah pemanangnya"


Tak lupa pula Agus memberikan apresiasi kepada semua pihak


"Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala BPNB SUL-SEL, para pesaing yang saya sebut sebagai kawan berkarya, panitia, dan terkhusus saudara Ryan Akmal Suryadi sebagai produser film ini" Tutup putra kelahiran kabupaten kepulauan Selayar sekaligus Alumni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar.


Andi Agus dikenal sebagai salah satu pegiat Literasi Nasional 2021. Ia sebagai sosialisator program literasi Nasional 2021 dibawa PT. Nyalanesia yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah, aktif belajar memberi informasi khususnya pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 34 Gollek Kepulauan Selayar, salah satu pendiri Komunitas Literasi Rumah Baca SAKU (Seruan anak Kepulauan) Selayar dan menjadi ketua umum masa bakti 2017-2020.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved