Minggu, 29 Agustus 2021

Telah Dilaksanakan Pelantikan Temenggung Golik Desa Sotok dan Peresmian Balai Dusun Sotok, Utamakan Prokes

Telah Dilaksanakan Pelantikan Temenggung Golik Desa Sotok dan Peresmian Balai Dusun Sotok, Utamakan Prokes



Sanggau,   ~Rakyatindonesia.id  DEWAN Adat Dayak (DAD), Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, pada 28/08/2021, melaksanakan Pelantikan Temenggung Golik Desa Sotok untuk Periode 2021 - 2026 sekaligus melakukan peresmian Balai Dusun yang baru.


Pelaksanaan pelantikan Temenggung Golik Desa Sotok dilakukan secara ritual adat yang sudah di persiapkan seperti sesajian dalam bentuk Babi, ayam, Beras kuning dimana sebelum upacara di mulai Kepala Desa Sotok, Markus Deki,A.Md memasuki Balai Dusun dengan terlebih dahulu memotong bambu sebagai bentuk upacara di mulai.



Temenggung Golik Desa Sotok terpilih untuk periode Tahun 2021 - 2026 adalah Yohanes Sudarso, berasal dari Dusun Keladang 1, acara pelantikan dilakukan langsung oleh Koordinator Temenggung Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Hermanus Iwal dengan di saksikan oleh para Ketua Dewan Adat Dayak Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Aris Haryono, S.Pd, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, sekaligus Pendiri Tariu Borneo, Bangkule Rajakng Kabupaten Sanggau juga sebagai Penasehat Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Sekayam, Hendrikus Hengky, S.T, para Kepala Dusun se-Desa Sotok, para Ketua Adat se - Desa Sotok, Bhabinkamtibmas Desa Sotok, Babinsa Sotok serta keluarga besar Temenggung Golik desa Sotok terpilih Yohanes Sudarso, Kepala Desa Sotok, Markus Deki, A.Md dan perangkat Kecamatan Sekayam, juga turut hadir Manajer Humas PT. Global Kalimantan Makmur (PT. GKM-Jarum).


Dalam acara Pelantikan Temenggung Golik desa Sotok oleh Koordinator Temenggung Kecamatan Sekayam, Hermanus Iwal membacakan Sumpah/janji Pengurus Adat Dayak Perbatasan/Kabupaten Sanggau, yang diikuti Temenggung Golik terpilih Yohanes Sudarso.


1.  Kami berjanji, bahwa kami sebagai Pengurus adat akan tetap menegakan dan melestarikan, mengembangkan dan memberdayakan adat istiadat Daya'k.

2.  Kami berjanji bahwa, kami akan tetap menegakan hukum adat untuk mengamankan dan melestarikan adat istiadat serta norma-norma hidup bermasyarakat yang baik sesuai ajaran Babei Tompo, menurut kepercayaan dan agama masing-masing.

3.  Kami berjanji, akan memperjuangkan dan melindungi kepentingan-kepentingan dan hak-hak syah masyarakat adat, hak perorangan, keluarga, kelompok Bunuo/hak Ulayat selaras adat istiadat yang kami warisi dari nenek moyang kami.

4.  Kami juga berjanji akan menghormati dan melindungi hak milik resmi menurut Undang-undang Pokok Agraria/Hukum Nasional.

5.  Disadari bahwa, hukum adat adalah sumber hukum nasional maka dalam menciptakan keamanan dan ketertiban dalam menjalankan tugas dan kewajiban, kami bekerja sama dengan aparat penegak hukum Nasional seturut tingkat dan jajarannya.


Itulah sumpah dan janji yang diberikan oleh Koordinator Temenggung Golik Desa Sotok terpilih Yohanes Sudarso untuk bisa dilaksanakan dan dijalankan dengan baik. Acara pelantikan Temenggung Golik Desa Sotok juga di gelar acara tarian Daya'k yang di tampilkan para pemuda- pemudi desa Sotok " Tariu Borneo, Bangkule Rajakng, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.


(Eric/L. Sihombing )

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved