Jumat, 02 September 2022

Exabytes Indonesia Gelar Event UMKM Pesat Digital di Kota Malang Raya

Exabytes Indonesia Gelar Event UMKM Pesat Digital di Kota Malang Raya


Malang, rakyatindonesia.com – Exabytes Indonesia menggelar UMKM Pesat Digital dengan mengusung tema “UMKM Lokal Siap Go Digital: Jangkau Pelanggan Lebih Luas”. Gelaran ini diikuti oleh 150 peserta se-Malang Raya secara luring dan 500 peserta secara daring.

Country Manager Exabytes Indonesia, Indra Hartawan mengatakan, salah satu agenda pemerintah dalam pemulihan transformatif adalah dengan meningkatkan jumlah UMKM yang masuk ke ekosistem digital. 20 juta atau 30 persen pelaku UMKM ditargetkan Go Digital. Gelaran ini sekaligus menjawab keresahan para pelaku UMKM yang belum mengoptimalkan peran digitalisasi. 

“Melihat potensi di Malang yang merupakan kota di peringkat ke-2 di yang memiliki perkembangan UMKM yang sangat pesat di Jawa Timur, sebaiknya sudah mulai dipersiapkan masa depan usaha mereka dengan investasi di pengembangan keahlian digital serta responsif terhadap industri, bisnis dan perkembangan teknologi,” kata Indra, Jumat (2/9/2022).

“Merupakan wujud komitmen dari Exabytes Indonesia untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia yang sedang bertransisi ke online dan membutuhkan lokasi berbasis cloud untuk membangun website guna memperkuat kehadiran bisnis mereka di ranah digital,” tambahnya.

Acara UMKM Pesat Digital yang tahun ini berkolaborasi dengan asosiasi LUNAS Malang Raya (Layanan UMKM Naik Kelas). Acara ini dibuka oleh Andry Yunanto selaku Sub Koordinator Pengembangan UMIKM Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu. Dia membagikan informasi mengenai pentingnya para UMKM memahami perihal manajemen produksi, keuangan, kelembagaan dan SDM agar dapat bisa naik kelas.

“Pemanfaatan media sosial juga perlu dimaksimalkan untuk dapat memperluas jaringan usaha dan menjangkau pelanggan lebih banyak lagi,” ujar Andry.

Selain itu, acara UMKM Pesat Digital kali ini menghadirkan para pembicara yang handal di bidang pemasaran digital, fotografi dan desain visual yang merupakan topik-topik menarik untuk diikuti agar menambah wawasan serta keterampilan yang mendukung pengembangan usaha di era digital.

Ahmad Zakiy Ramadhan yang hadir membawakan topik “Pentingnya Fotografi untuk UMKM di Era Digital”. Membagikan teknik pengambilan foto dalam meningkatkan pemasaran suatu produk.

“Meskipun ditunjang dengan peralatan dan perlengkapan yang sederhana, jika teknik yang digunakan tepat dan juga dengan didukung oleh komposisi pencahayaan yang seimbang, maka foto yang dihasilkan akan lebih berkualitas,” tutur Zakiy.

UMKM Pesat Digital pertama kali diinisiasi oleh Exabytes Indonesia di tahun 2019 yang digelar di 7 kota di Indonesia, yakni Bandung, Solo, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali dan Medan dengan semangat mengedukasi para pelaku UMKM di daerah agar beralih ke digital.

Setelah sempat vakum selama pandemi, di tahun 2022 ini UMKM Pesat Digital hadir kembali menyapa para pemilik bisnis di Kota Malang dan selanjutnya akan diselenggarakan berseri di kota-kota lainnya di Indonesia.

Dengan lebih dari 160 ribu klien UMKM, Exabytes Indonesia sudah memiliki pengalaman selama 21 tahun dalam menyediakan solusi bisnis digital all in one. Layanan ini meliputi penyediaan website, hosting, domain, dan berbagai layanan digital lainnya yang dapat menjadi salah satu langkah UMKM dalam transformasi digital.

UMKM dapat memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan eksistensi bisnisnya melalui  sebuah website yang dikelola dengan optimal. Selain menyelenggarakan event edukasi tahunan, Exabytes Indonesia juga mengadakan event rutin mingguan yang dapat dihadiri oleh UMKM di seluruh Indonesia melalui siaran langsung secara online via Zoom, Facebook dan YouTube Exabytes Indonesia. (red.hr)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved