Minggu, 16 Oktober 2022

Asah Kemampuan Dalmas Personil Polres Lumajang Melalui Latihan Rutin

Asah Kemampuan Dalmas Personil Polres Lumajang Melalui Latihan Rutin

 


Lumajang, rakyatindonesia.com - Kepolisian Resor Lumajang Jawa Timur, melaksanakan giat latihan dan peningkatan kemampuan Dalmas ( Pengendalian Masa ) personil polri dan polsek jajaran dalam rangka persiapan pengamanan menjelang pemilu tahun 2024, di halaman Mapolres Lumajang, Sabtu (15/10/22).

Pelatihan kala itu diikuti oleh 25 personil Samapta dan 42 Samapta bertugas di polsek jajaran.

Kasat Samapta Polres Lumajang Iptu Syamsul Arifin S.Pd menjelaskan, ada empat fase yang diasah diantaranya gerak tanpa tameng, gerak menggunakan tameng, peragaan pengendalian masa dan pengendalian masa lanjut.

Untuk masing – masing gerakan, diuraikan oleh Iptu Syamsul Arifin ada sejumlah poin didalamnya. Saat itu diperdalam, selain latihan tersebut sudah kerap dilakukan sebagai upaya pematangan personil Polri sesuai tugas pokok dan fungsi, menyikapi situasi wilayah yang cenderung fluktuatif.

“Latihan ini merupakan upaya pematangan dan persiapan dini, jelang situasi – situasi ke depan. Harapannya, disetiap situasi dan kondisi, kami siap melakukan pengamanan dan pencegahan terjadinya hal – hal yang merugikan masyarakat itu sendiri,” ucap dia disela – sela acara.

Kepada anggota, perwira polisi berpangkat dua balok kuning emas itu menekankan agar berlatih sungguh – sungguh dan memahami setiap gerakan – gerakan.

Untuk peragaan / implikasi di lapangan, disampaikan oleh Iptu Syamsul secara keseluruhan dari Dalmas awal lintas ganti ke Dalmas lanjut, dengan didahului dengan team negoisator serta menggunakan kendaraan AWC.

“Secara prinsip, Polri khususnya anggota Samapta Polres Lumajang tidak underestimate dalam menyikapi situasi – situasi yang ada. Oleh karenanya, prediksi dan persiapan awal meskipun itu dalam ranah antisipasi yang mendasari sebuah persiapan, lebih dini kami lakukan menyesuaikan dengan porsi kewenangan dan amanah yang kami emban,” pungkasnya. (hum.dn)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved