Rabu, 19 Oktober 2022

Memasuki Musim Hujan, Polsek Kandangan Patroli Siaga Bencana

Memasuki Musim Hujan, Polsek Kandangan Patroli Siaga Bencana

 

Kediri, rakyatindonesia.com - Tingginya curah hujan yang melanda wilayah Kecamatan Kandangan dan sekitarnya menyebabkan kesiagaan masyarakat terhadap terjadinya bencana dimusim penghujan seperti banjir, puting beliung, tanah longsor, dan pohon tumbang terutama disisi jalan raya yang berpotensi menghambat arus lalu lintas dan menimbulkan korban jiwa maupun materi.

Adanya kawasan dataran tinggi dan sungai besar yakni sungai Konto di Dusun Pucang menyebabkan meningkatnya potensi bencana di wilayah Kandangan.

Melihat kondisi tersebut, AIPDA Andi S anggota SPKT Polsek Kandangan bersama BRIPKA Adi Y dan BRIGADIR Anjar bersama-sama melakukan patroli dan monitoring lokasi rawan bencana alam pada Selasa (18/10/2022) malam. Lokasi-lokasi tersebut diantaranya jembatan sungai Konto, jalan raya Kandangan-Pare, dan jalan raya Malang-Jombang.

AIPDA Andi mengatakan, “memasuki musim penghujan kita mengintensifkan giat patroli dengan sasaran tempat yang rawan bencana seperti bantaran sungai Konto ini.”

Dalam monitoring juga dilakukan komunikasi kamtibmas dengan memberitahu warga setempat tentang peringatan dini bencana alam agar dapat mengantisipasinya dengan cepat dan tepat.

Kegiatan ini adalah bentuk deteksi dini dan antisipasi bencana, khususnya di wilayah hukum Polsek Kandangan. Dengan demikian, diharapkan masyarakat menjadi tanggap apabila terjadi bencana skala kecil sampai besar.

“Hasil pemantauan kami seluruhnya aman dan debit air sungai Konto normal,” kata AIPDA Andi. (hum.dl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved