Minggu, 23 Oktober 2022

Pemkab Trenggalek Bangun Sabuk Air Guna Minimalisasi Risiko Longsor

Pemkab Trenggalek Bangun Sabuk Air Guna Minimalisasi Risiko Longsor

 


Trenggalek, rakyatindonesia.com - Pemerintah KabupatenTrenggalek membangun sabuk air di sekitar lokasi longsor Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan dengan tujuan meminimalkan risiko dan dampak longsor susulan yang mungkin terjadi jika hujan kembali mengguyur wilayah tersebut.

"Penanganannya kami dibantu Pemprov Jatim dan BBWS. Kami menyiapkan sabuk air di sekitar bukit sehingga nanti jika terjadi hujan susulan tidak akan menambah beban longsoran. Tetapi air bisa teralirkan ke parit terdekat dan sungai terdekat," kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin usai meninjau longsor di Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan, Trenggalek, Sabtu.

Sabuk air dibangun melingkari bukit, di atas area longsor yang terdapat pemukiman warga. Pengerjaan dilakukan dengan mengerahkan alat berat serta swadaya masyarakat.

Sementara upaya pembuatan sabuk air dilakukan, 37 kepala keluarga yang bermukim di 32 bangunan rumah sementara diungsikan di rumah-rumah penduduk yang aman.

Kondisi cuaca di wilayah Trenggalek sampai saat ini masih kerap diliputi mendung pekat dan beberapa kali turun hujan.

Cuaca yang masih tidak menentu ini membuat warga was-was. Barang-barang serta harta benda termasuk ternak telah mereka evakuasi.

Warga sesekali melihat kondisi rumah mereka yang ada di sekitar lokasi longsor. Namun menjelang petang atau turun hujan, mereka akan segera kembali ke pengungsian untuk menghindari risiko longsor susulan.

Pemkab Trenggalek berencana merelokasi mereka ke tempat baru, sebab pemukiman yang ada di sekitar titik longsor dinilai rawan.

Retakan-retakan tanah disebut Arifin sudah menyebar dengan kelebaran lebih dari 10 centimeter, sehingga jika terjadi hujan air diyakini bakal mengisi kantong-kantong rekahan yang membuat tanah labil sehingga longsor kian meluas.

Longsor di Desa Sumurup Kecamatan Bendungan ini disebut yang terparah dengan korban terdampak paling banyak.

Sejak Minggu (17/10), bencana tanah longsor mendera wilayah tersebut di 51 desa yang tersebar di delapan kecamatan, yakni Kecamatan Trenggalek, Dongko, Suruh, Gandusari, Bendungan, Tugu, Kampak serta Pule. (red.dl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved