Senin, 21 November 2022

Bupati Jember Ingin Musik Patrol Tercatat Di Rekor MURI

Bupati Jember Ingin Musik Patrol Tercatat Di Rekor MURI



Kabupaten Jember, rakyatindonesia.id - Setelah bermain alat musik angklung tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI), Bupati Jember Hendy Siswanto juga menginginkan musik patrol bisa pecahkan rekor. Musik patrol merupakan salah satu kesenian tradisional yang ada di Jember.

"Di Jember juga punya musik patrol, yang juga nanti akan kita kolaborasikan atau kita kumpulkan di Jember, untuk bisa meraih rekor MURI yang sama," kata Bupati Hendy, Minggu (20/11/2022).

Dia menyampaikan, keberhasilan ribuan anak dan orang tua bermain angklung beberapa waktu lalu, tidak lepas dari hasil kolaborasi dengan berbagai pihak. Demikian juga dengan musik patrol pada nantinya.

"Kita bersinergi melestarikan musik tradisional yang ada di negeri ini. Di Jember, kita punya karang bambu. Di mana banyak bambu, yang bisa untuk dijadikan alat, termasuk membuat angklung dan alat musik patrol," sebutnya.

Apalagi musik patrol sendiri, hampir di beberapa daerah masyarakat Jember telah melestarikannya. Sejumlah kelompok musik patrol juga banyak bertebaran di Jember.

"Karena ini perlu, angklung dan patrol perlu dilestarikan," ungkapnya.

Bahkan, setiap moment kegiatan Pemerintah Kabupaten Jember, maupun jajaran serta instansi swasta musik patrol selalu ditampilkan. Ini merupakan salah satu bukti komitmen Pemkab Jember dalam upaya melestarikan musik patrol.

"Kami juga berkomitmen dari awal, bahwa setiap event kami, Pemkab Jember maupun instansi lain selalu ada musik patrol ditampilkan. Ini bagian mempertahankan kearifan lokal," pungkasnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved