Senin, 21 November 2022

Muspimnas PMII Kembali Ricuh, Fasilitas UIN Tulungagung Dirusak

Muspimnas PMII Kembali Ricuh, Fasilitas UIN Tulungagung Dirusak



Tulungagung, rakyatindonesia.id - Kericuhan kembali terjadi di arena Musyawarah Pimpinan Nasional Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Muspimnas PMII) di Universitas Islam Negeri (UIN) Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung. Akibat kerusuhan sejumlah fasilitas kampus rusak.

Insiden Kericuhan terjadi pada Minggu (20/11/2022) malam hingga Senin dini hari. Aparat kepolisian sempat melakukan evakuasi puluhan aktivis PMII yang terjebak di dalam Gedung Saifuddin Zuhri.

Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto mengatakan insiden itu bermula dari kegiatan internal PMII pada rangkaian kegiatan Muspimnas. Awalnya, kegiatan berlangsung dan berjalan dengan baik.

Karena itu, lanjut Eko, pihaknya melonggarkan pengamanan dan memaksimalkan pengamanan dari pengamanan internal. Namun tiba-tiba bentrok kembali pecah. Sejumlah fasilitas kampus juga dilaporkan rusak.

"Kami agak merenggangkan lah tapi tetap memantau dari jauh. Kemudian terjadilah bentrok, saya tidak tahu dari kubu mana dengan mana, yang terpenting di situ ada kerusakan fasilitas dari kampus UIN dan ada beberapa di video itu korban yang luka-luka," kata Eko, Senin (21/11/2022).

Menurut Eko, semakin malam kondisi tambah memanas, hingga akhirnya polisi turun tangan melakukan upaya pengamanan. Saat itu pihaknya mengevakuasi dan mengamankan puluhan aktivis mahasiswa yang terjebak di Gedung Saifuddin Zuhri.

"Aparat kepolisian ini bertindak untuk menghindari adanya konflik yang lebih besar dengan pengamanan internal maupun dengan masyarakat sekitar Plosokandang juga sudah ribuan yang sudah di bawah itu," tandas Eko.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved