Kamis, 17 November 2022

Penumpang Selamat KM Mutiara Timur I Tiba di Banyuwangi, 7 Dibawa ke RS

Penumpang Selamat KM Mutiara Timur I Tiba di Banyuwangi, 7 Dibawa ke RS


Banyuwangi, rakyatindonesia.com - Ratusan penumpang selamat KM Mutiara Timur I yang terbakar tiba di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi. Mereka langsung memenuhi terminal pelabuhan yang disediakan untuk tempat istirahat sementara.

Sebanyak 7 penumpang langsung dibawa ke rumah sakit, untuk perawatan lebih lanjut. Sebanyak 250 penumpang KM Mutiara Timur I itu tiba di Tanjungwangi sekira pukul 01.30 WIB, Kamis (17/11/2022).

Mereka diangkut tiga kapal milik TNI AL, KRI RE Martadinata, KAL Kadet 6 dan KAL Kadet 7. Turun dari kapal, penumpang yang mengalami luka langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan.

"Ada 7 orang yang dilarikan di rumah sakit namun hanya trauma saja," ujar Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori.

Mereka juga langsung mendapat makanan dan minuman. Ada pula yang diperiksa karena merasa sesak napas. Pendataan pun juga dilakukan oleh petugas gabungan.
Sementara yang dalam kondisi sehat langsung dinaikkan bus san truk untuk diangkut ke terminal penumpang Pelabuhan Tanjungwangi.


"Jadi seluruh penumpang dan kru akan kita pisahkan. Untuk yang sakit nanti akan kita rawat. Sementara jika dijemput keluarganya kami persilahkan dan kita pulangkan. Tapi jika ada penumpang yang masih memerlukan penginapan, pihak agen menyediakan penginapan disekitar Pelabuhan," pungkas Danlanal.

Proses evakuasi korban terbakarnya KM Mutiara Timur I jurusan Pelabuhan Tanjungwangi ke Pelabuhan Gili Mas Lembar Lombok Barat, NTB dilakukan 3 kapal milik TNI AL.

Ketiga kapal itu di antaranya KRI RE Martadinata, KAL Kadet 6 dan KAL Kadet 7. Jumlah penumpang yang dibawa oleh kapal TNI AL ada 250 orang. Penumpang yang dibawa oleh tiga kapal milik TNI AL, di antaranya adalah 210 penumpang dibawa oleh KRI RE Martadinata, 21 penumpang KAL Kadet 6 dan 19 penumpang dibawa oleh KAL Kadet 7.

Sebelumnya, KM Mutiara Timur I berlayar dari Banyuwangi, Jawa Timur, menuju Pelabuhan Lembar Lombok. Insiden kebakaran kapal itu dapat diamati dari Perairan Banyuning, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Asap hitam mengepul terlihat dari kejauhan.

KM Mutiara Timur I berangkat dari Banyuwangi sekira pukul 06.45 WIB dari Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi. Sedianya, kapal itu sandar di Pelabuhan Gilimas, Lembar Lombok sekira pukul 16.00 WIB. (red.dl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved