Senin, 23 Januari 2023

Potret Proses Vaksinasi Kambing dan Sapi, Untuk Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku - PMK

Potret Proses Vaksinasi Kambing dan Sapi, Untuk Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku - PMK

 


 

KOTA, rakyatindonesia.com – Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kota Kediri terpantau sudah terkendali. Sudah tidak ada tambahan kasus sejak Oktober 2022. Hingga akhir tahun lalu total kasusnya sebanyak 346.

Meski demikian, ada ribuan sapi dan kambing yang perlu divaksinasi PMK. Terlebih penyuntikan vaksin ini menjadi persyaratan untuk transaksi jual beli hewan kurban pada hari raya Idul Adha nanti.

Kepala DKPP Kota Kediri Mohammad Ridwan mengatakan, untuk vaksinasi PMK akan dilanjutkan pada tahun ini. Melihat jumlah populasi ternak, masih banyak sapi maupun kambing yang masih belum mendapatkan vaksinasi. Terlebih vaksinasi PMK ini rencananya akan diberikan hingga dosis ketiga.

Data yang dimiliki DKPP Kota Kediri mencatat, jumlah populasi sapi sebanyak 4.196 ekor. Sementara untuk populasi kambing berjumlah 4.683 ekor. Hingga awal tahun ini, capaian vaksinasi PMK dosis pertama untuk sapi baru sebanyak 2.061 ekor.

Dari jumlah tersebut, menurut Ridwan. baru sebanyak 941 ekor sapi yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dan belum ada yang mendapat vaksinasi dosis ketiga. “Untuk kambing, distribusi vaksin PMK sudah menyasar 1.752 ekor dan tersebar di Kota Kediri. Dari jumlah itu, sebanyak 968 ekor sudah mendapat dosis kedua,” papar mantan Camat Mojoroto ini.


Untuk jarak dosis vaksinasi, Ridwan mengatakan, dari dosis pertama ke dosis kedua selama 2 minggu. Sedangkan untuk jarak ke dosis ketiga selama 6 bulan setelah dosis kedua.

Ridwan menambahkan, target waktu terselesaikannya proses vaksinasi PMK juga bergantung pada distribusi vaksin dari Provinsi Jatim ke daerah. Karena selama ini jumlah yang diterima oleh daerah juga bergantung dari alokasi yang diberikan oleh pemerintah provinsi (pemprov).

“Tapi kami tetap memantau ternak-ternak di Kota Kediri meskipun kasusnya sudah melandai, karena berkaca pada tahun kemarin kalau penanganannya cepat menjadi penentu untuk mengatasi wabah yang bisa kapan saja menyerang ini,” tandasnya. (red.id)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved