Selasa, 24 Januari 2023

Sebelum Terbang, Ganjar Pranowo Gubernur Asal Jawa Tengah Ini Sempatkan Unggah Foto Kebersamaan Dengan Bapak Presiden Joko Widodo

Sebelum Terbang, Ganjar Pranowo Gubernur Asal Jawa Tengah Ini Sempatkan Unggah Foto Kebersamaan Dengan Bapak Presiden Joko Widodo

 


 Jakarta, rakyatindonesia.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengunggah sebuah foto bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ganjar mengunggah foto dengan Jokowi yang tampak dari belakang.

Senin (23/1/2023), Ganjar mengunggah fotonya bersama Jokowi di akun Instagram pribadinya. Ganjar sedikit menuliskan keterangan bahwa foto itu diambil saat di Solo pada sore hari.

"Solo, sore hari sebelum terbang," tulis Ganjar.

Terlihat dalam foto itu Jokowi memakai kemeja putih sambil memasukkan tangannya ke dalam saku celana dan tersenyum. Sedangkan Ganjar, tampak memakai batik dan masker merah putih.

Kegiatan Jokowi di Solo

Jokowi menghabiskan waktu di Solo saat cuti bersama Imlek hari ini. Jokowi sempat ke Solo Safari bersama sang anak, Gibran Rakabuming, yang merupakan Wali Kota Solo. Cucu-cucu Jokowi juga diajak.

Dari Solo Safari, Jokowi juga mengunjungi Solo Technopark yang merupakan kawasan milik pemerintah Kota Surakarta yang dijadikan pusat inovasi dan vokasi untuk daya saing daerah. Jokowi juga datang ke Mas Don Art Center.

Kaitan Antara Kepuasan terhadap Kinerja Jokowi dan Dukungan Responden ke Ganjar

Seperti diketahui, Ganjar Pranowo adalah salah satu tokoh yang selalu muncul di survei-survei capres jelang Pemilu 2024. Dalam survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) terbaru, salah satu hasilnya memperlihatkan korelasi antara tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi dengan dukungan kepada calon presiden di Pemilu 2024. Hasilnya menunjukkan semakin puas responden dengan kinerja Jokowi maka akan berpengaruh positif kepada dukungan terhadap Ganjar Pranowo.

Survei ini dilakukan pada 7-11 Januari 2023 melalui wawancara telepon. Ada 1.221 responden yang diambil dengan metode random digit dialing (RDD) atau proses pembangkitan nomor secara acak. Adapun margin of error kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan survei didapatkan bahwa kepuasan terhadap kinerja Jokowi meningkat hingga 76,2 persen pada awal tahun 2023 ini. Sementara itu, hanya 20,3 persen responden yang mengaku tidak puas dengan kinerja Jokowi.

LSI lantas mengaitkan antara kepuasan terhadap kinerja Jokowi itu dengan dukungan calon presiden di 2024. Hasilnya, memang ada keterkaitan antara kepuasan terhadap Jokowi dengan dukungan kepada calon presiden.

"Yang menyatakan puas kepada presiden itu lebih banyak yang mendukung Ganjar Pranowo 35%, baru setelah itu Prabowo Subianto (18,2%), lalu diikuti dengan Anies Baswedan (14%)," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan seperti dilihat detikcom pada YouTube LSI, Senin (23/1/2023).

Djayadi mengatakan, sebaliknya, yang tidak puas terhadap Jokowi justru cenderung mendukung Anies Baswedan dan Prabowo. Karena itu lah, dia menilai masih ada partisan di masyarakat.

"Yang menyatakan tidak puas terhadap presiden itu cenderung mendukung Anies dan Prabowo dengan jumlah yang mirip, 27,1% ke Anies, 26,4% ke Prabowo, hanya 10,5% yang mendukung Ganjar. Jadi masih ada partisan di sini. Ganjar unggul antara lain karena dia paling unggul di kalangan pemilih yang puas dengan kinerja presiden," ucapnya.

Atas temuan itu, Djayadi mengatakan semakin puas responden dengan kinerja Jokowi, maka semakin banyak dukungan kepada Ganjar Pranowo. Sedangkan makin puas responden dengan kinerja Jokowi, maka dukungan kepada Anies dan Prabowo semakin sedikit.

"Dalam hal ini korelasinya negatif kepada Anies Baswedan, artinya makin puas kepada presiden cenderung makin sedikit dukungan kepada Anies, sebaliknya kepada Ganjar Pranowo, makin puas kepada presiden, dukungannya kepada Ganjar cenderung makin tinggi," jelasnya.

"Sementara kepada Prabowo dukungannya sama dengan Anies, korelasinya negatif, makin tinggi tingkat kepuasan kepada presiden, tingkat dukungan kepada Prabowo juga cenderung lebih sedikit secara umum," lanjut dia.

(red.id)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved