Minggu, 19 Februari 2023

Jembatan Way Petanggis Putus Usai Diterjang Hujan Lebat

Jembatan Way Petanggis Putus Usai Diterjang Hujan Lebat

                               

LAMPUNG UTARA,rakyatindonesia.com - Jembatan Way Petanggis Desa Tanah Abang, Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten, Lampung Utara, putus usai diterjang hujan lebat.

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu dini hari (19/2/2023) sekitar pukul 03.00 WIB.

Camat Bungamayang, Hipni mengatakan bahwa jembatan sepanjang 15 meter tersebut putus diakibat dari hujan yang cukup deras di wilayah kecamatan Bungamayang.

Ia mengatakan bahwa jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung dusun 1 dan dusun 2. Selain itu, jembatan tersebut juga penghubung antara desa Tanah Abang dan Desa Negara Tulang Bawang.

”Untuk saat ini jembatan tersebut tidak bisa dilalui, dan untuk sementara jembatan tersebut kita tutup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Camat Bungamayang, Hipni.

Hipni menambahkan bahwa akibat curah hujan yang cukup tinggi. Selain jembatan, terdapat dua rumah warga yang hancur akibat luapan air sungai.

Kepada masyarakat yang tinggal di dekat jembatan, dirinya menghimbau agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

”Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, Namun dari peristiwa hewan ternak berupa 2 ekor kambing, dan puluhan unggas hanyut terbawa arus Sungai,” jelasnya.

Kapolsek Bunga Mayang, Ipda Adeka Putra mengatakan bahwa akibat peristiwa tersebut jembatan penghubung antar dusun dan dua desa tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah.

Selain itu, terdapat dua rumah warga mengalami kerusakan yang diduga diakibatkan tertiup angin yang disertai dengan hujan deras.

”Lokasi jembatan putus penghubung antara RK 1 dengan RK 2 Desa Tanah Abang, Jembatan ini juga merupakan jalur dalam Desa, bukan di jalan raya jalur utama namun akibat terputusnya jembatan penghubung tersebut membuat warga yang ingin melintas harus memutar melewati Desa Negara Tulang Bawang,” ujar Kapolsek.

Adeka menegaskan bahwa dari peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Namun akibat peristiwa tersebut beberapa warga mengalami kerugian materiel di antaranya hewan ternak yang hanyut terbawa arus air sungai yang meluap.

Adapun pemilik rumah warga yang rusak, yakni rumah Timan RT 02, RK 1 Desa Tanah Abang Kecamatan Bungamayang dan rumah Muhadi RT 02, RK 1 Desa Tanah Abang Kecamatan Bungamayang.

”Selain Jembatan putus, Ada dua unit rumah warga yang rusak akibat tertiup angin, dan hewan ternak yang hanyut terbawa arus. Dan untuk saat ini situasi di lokasi masih aman kondusif,” kata dia.

(red,la)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved