Minggu, 19 Februari 2023

Pasukan-pasukan Elite Yang Diterjunkan Untuk Mengincar KKB

Pasukan-pasukan Elite Yang Diterjunkan Untuk Mengincar KKB

                              

JAKARTA,rakyatindonesia.com - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) merupakan gerakan separatis asal Papua yang dulu dikenal dengan OPM atau Organisasi Papua Merdeka.

Kelompok ini memiliki misi untuk merdeka dan memisahkan diri dari NKRI. Dalam melakukan kegiatannya, anggota KKB banyak melakukan kekerasan hingga menimbulkan korban jiwa.

Sampai detik ini, sudah banyak pasukan-pasukan elite yang diterjunkan untuk mengincar KKB.

Berikut informasinya:

1. Kopassus

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) adalah pasukan elite milik TNI AD yang pernah terjun memburu KKB di Papua. Pada Mei 2021 lalu, anggota Kopassus terlibat kontak senjata dengan anggota KKB di wilayah kampung Wuloni, Illaga.

Dalam kejadian itu, 2 anggota KKB dinyatakan tewas. Sementara itu, pada tahun 2017 lalu Kopassus pernah terlibat dalam operasi senyap di Tembagapura.

Kegiatan ini dilakukan bersama dengan tim Intai Kostrad. Keduanya berhasil membebaskan sandera di Banti dan Kimberli, Tembagapura.

Selain melepaskan lebih dari 300 masyarakat sipil, operasi ini juga merupakan upaya guna merebut kampung Kimberli dari cengkeraman KKB. 

2. Kopasgat

Pasukan elite lainnya yang juga terjun untuk memburu KKB adalah Kopasgat (Komando Pasukan Gerak Cepat) milik TNI AU. Pasukan ini memiliki kemampuan tempur di berbagai medan, tak hanya udara, tetapi juga darat dan air.

Pada awal Januari 2023, pasukan Kopasgat tiba di Lanud Silas Papare, Sentani, Jayapura. Dalam melaksanakan tugas, para prajurit Kopasgat juga akan menjaga bandara sebagai salah satu lokasi aman di Papua.

Sarana transportasi udara dirasa yang paling efektif dan efisien. Di sisi lain, transportasi udara juga bisa mengangkut kebutuhan untuk masyarakat, bahkan mampu digunakan secara cepat dalam proses evakuasi.

3. Pasukan Setan TNI AD

Pasukan Setan dari TNI AD ditugaskan ke Papua, untuk memberantas KKB. Melansir iNews.id, pasukan ini adalah nama lain dari Yonif 315/Garuda.

Tiba di Papua pada Juni 2021, prajurit Pasukan Setan dengan jumlah 108 personel itu menggantikan Yonif 756/WMS sebagai satgas pengamanan daerah rawan (Pamwahwan) dari KKB.

Setelah menginjakkan kaki di Papua, para prajurit langsung menjalani berbagai pengecekan sambil menunggu pemberangkatan ke lokasi tugas di Kabupaten Asmat dan Mappi.

Bukan pasukan sembarangan, Yonif 315/Garuda adalah pasukan elite dengan berbagai kemampuan dalam melaksanakan operasi militer perang. Selama menjalani pelatihan, Pasukan Setan digembleng beragam keahlian, seperti pematangan teknik menembak, serta latihan taktik dan teknik pertempuran.

4. Para Raider 431/SSP

Satuan elite lainnya milik TNI yang ditugaskan memburu KKB di Papua adalah Para Raider 431/Satria Setia Perkasa (SSP). Pada 2021 lalu, pasukan ini diterjunkan khusus untuk memburu anggota KKB yang menembak salah satu anggota Brimob, Bharatu Bachtiar Yuniwandaru.

Pasukan elite berkualitas mumpuni ini bermarkas di Kariango, Sulawesi Selatan, dan masuk dalam Divisi 3 Kostrad. Selain di Papua, Para Raider 431/SSP juga pernah mendapat amanat untuk bertugas di Irian Jaya, Timor-Timor, dan operasi Aceh tahun 2002 sampai 2003.

(red.la)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved