Sabtu, 18 Februari 2023

Pejabat China Tiba di Taiwan dalam Kunjungan Pertama Pasca-Pandemi

Pejabat China Tiba di Taiwan dalam Kunjungan Pertama Pasca-Pandemi

 

Jakarta, rakyatindonesia.com - Sekelompok pejabat China tiba di Taiwan pada Sabtu 18 Februari 2023 dalam kunjungan pertama dalam tiga tahun, sejak pandemi COVID-19 dimulai. Seperti dilansir Reuters, mereka datang untuk menghadiri acara budaya saat ketegangan militer melonjak di Selat Taiwan.

Pemerintah Taiwan pekan ini mengizinkan perjalanan enam pejabat—dipimpin oleh Liu Xiaodong, wakil kepala kantor Shanghai Kantor Urusan Taiwan China—untuk menghadiri Festival Lentera di Taipei atas undangan pemerintah kota.

Liu, yang tiba di bandara Songshan di pusat kota Taipei, tidak menjawab pertanyaan dari wartawan dan kelompoknya diantar ke sebuah van dengan pengamanan ketat dan dibawa pergi.

Sekitar selusin pendukung kemerdekaan Taiwan memprotes kedatangannya di luar bandara, meneriakkan "Taiwan dan China, negara yang terpisah" dan "orang China, keluar". Sementara di jalan bandara, sekelompok kecil pendukung pro-China lainnya meneriakan sambutan mereka.

Chilly Chen, kepala Kantor Republik Taiwan yang pro-kemerdekaan, mengatakan kepada Reuters bahwa orang-orang Taiwan sangat ramah dan menyambut baik para pengunjung. Namun, ia khawatir mereka datang untuk mendorong kebijakan China di pulau demokrasi itu.

"Semua yang dilakukan China adalah untuk melayani politik, dan tujuan mereka pasti bersatu," tambah Chen, mengacu pada nama kebijakan China untuk mengkooptasi non-Komunis dan rakyat Taiwan pada khususnya. (Red.Sl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved