Jumat, 10 Maret 2023

Pemerintah Kabupaten Soppeng Melaksanakan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar

Pemerintah Kabupaten Soppeng Melaksanakan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar


Soppeng,Sulsel-Rakyat-indonesia. Com -- Pemerintah Kabupaten Soppeng provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan panen padi Nusantara 1 Juta Hektar, yang digelar di Yattaliang Desa Congko Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng,(09/03/2023)


Kegiatan ini dihadiri Bupati Soppeng diwakili Staf ahli bidang hukum Drs,H.Muhammad Asis.Sp.d M.pd.i, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Soppeng Ir ,Fajar. Mewakili Kementan, yang mewakili Kajari Soppeng, Dandim 1423/Spg, Kapolres Soppeng, Bulog Soppeng, Kepala Desa Congko, Kapolsek Marioriwawo serta para kelompok tani


Kementan yang di wakili kepala TU Kementan Ir, Muhammad Subaidi,M,Si dalam kata sambutannya mengatakan pertama tama kita tentunya merasa bersyukur kepada Tuhan yang maha Esa karena masih bisa di pertemukan di tempat ini guna mengikuti panen padi Nusantara 1 juta hektar yang digelar serentak di seluruh Indonesia.


Ia juga mengatakan presiden Joko Widodo ikuti kegiatan panen padi Nusantara 1 juta hektar di kabupaten Kebumen Jawa dan kabupaten Ngawi Jawa timur

Sementara itu Bupati Soppeng H.Andi Kaswadi Razak SE dalam sambutannya yang di bacakan Drs Muh. Asis,S.pd M.Pd.i bahwa untuk saat ini ketersediaan areal sebagai lahan pertanian semakin mengalami perubahan sebagai akibat terjadinya alih fungsi lahan menjadi lahan pemukiman.


Mengingat sektor pertanian dalam perekonomian Nasional maupun Daerah melalui pembentukan PDB perolehan devisa penyediaan pangan dan bahan baku industri dan peningkatan pendapatan Masyarakat.


Untuk itu sebagai wujud komitmen pemerintah daerah dalam mendukung swasembada pangan nasional sebagaimana Visi pemerintah Daerah "Soppeng yang lebih baik melayani maju dan sejahtera" untuk itu Visi itu perlu di respon melalui kerja nyata.


Pada kegiatan panen Nusantara 1 juta Ha secara serentak akan dilakukan di 10 propinsi dan 66 kabupaten/kota yang dipilih sebagai lokasi panen padi Nusantara kabupaten Soppeng salah satunya dengan luas panen tinggi 11.99 ha di bulan Maret 2023.


Adapun lokasi panen kelompok tani Temmappasikua Desa Congko kabupaten Soppeng sebesar 5,785 kg atau 67.80 ke/ha Gkp atau setara 58.65 ke/ha gkg.


(K,M.J/pettaduga IWO)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved