Senin, 13 Maret 2023

Presiden Joko Widodo Resmikan Fasilitas Perlindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih

Presiden Joko Widodo Resmikan Fasilitas Perlindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih

  


Karangasem, rakyatindonesia.com -, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Fasilitas Perlindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, pada Senin (13/3) kamarin. Peresmian tersebut ditandai dengan pemukulan kentongan dan penandatanganan prasasti yang ada di depan candi bentar di Manik Mas Besakih.

 

Dalam sambutannya, Preseden Joko Widodo, mengungkapkan, dirinya mengaku sangat bahagia bisa berada di kawasan Pura Agung Besakih ini. Pura ini sangat disucikan, bukan Oleh Umat Hindu di Bali saja tapi umat Hindu di seluruh Nusantara.

 

"Sejak dahulu Pura Agung Besakih ini sangat banyak dikunjungi dan selalu ramai umat Hindu untuk melakukan persembahyangan, terlebih lagi saat upacara Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) yang dilaksanakan setiap sasih kedasa," ujarnya.

 

Menurut Joko Widodo, pengunjung yang semakin banyak tanpa adanya penataan, maka kedepannya diyakini akan menimbulkan kesembrautan dan ketidaknyamanan. Untuk itu, pada tahun 2021 pihaknya memerintahkan Menteri PUPR bersama pemerintah Provinsi Bali untuk melakukan penataan terhadap kawasan Pura Agung Besakih ini.

 

"Dengan dibangunnya infrastruktur pendukung di area Bencingah dan Manik Mas, diharapkan nantinya agar masyarakat nyaman saat melakukan bersembahyangan atau berkunjung ke Besakih," katanya.

 

Lebih lanjut dikatakan Joko Widodo, setelah diresmikannya bangunan itu, pihaknya meminta Pura dan infrastruktur yang lainnya harus dijaga dan rawat penuh dengan hormat, sehingga umat Hindu dan pengunjung bisa merasakan aura kesucian Pura Agung Besakih.

 

"Saya berpesan, semuanya dijaga kesuciannya, kebersihannya, sekaligus menjadi tempat yang indah. Karena membangun memang lebih mudah daripada mengelolanya. Jadi, saya titip fasilitas yang dibangun dengan dana pusat dan provinsi dengan anggaran yang besar ini harus diikuti pengelolaan yang baik dan profesional. Dan disiapkan manajemen dan SDM yang berkompetensi yang baik, libatkan desa adat besakih, serta berikan kesempatan masyarakat untuk berpatifasi dan berkontribusi mengelola fasilitas ini," tandas Joko Widodo.(red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved