Sabtu, 15 April 2023

Lansia Kota Kediri Tersenyum, Menjelang Lebaran Terima Bantuan ASLUT dari Pemkot Kediri

Lansia Kota Kediri Tersenyum, Menjelang Lebaran Terima Bantuan ASLUT dari Pemkot Kediri

   

Kediri, rakyatindonesia.com -, Sesuai arahan Walikota Kediri dan Surat Edaran (SE) Kemendagri, sebelum memasuki hari Raya Idul Fitri bantuan-bantuan daerah yang bersumber dari APBD harus sudah digelontorkan ke masyarakat.

 

Ini termasuk bantuan asistensi lanjut usia terlantar (Aslut) pada 364 warga lansia terlantar di Kota Kediri. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Paulus Budi Luhur usai menyerahkan secara simbolis bantuan Aslut di ruang pertemuan kantor Dinsos Kota Kediri, Kamis (13/4/2023).

 

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis pada hari ini, Paulus menuturkan bahwa penyaluran bantuan Aslut akan dilakukan secara door to door ke rumah penerima bantuan melalui jasa pendamping aslut di masing-masing kelurahan dan Tim Reaksi Cepat (TRC).

 

"Sistem jemput bola ini kita lakukan mengingat penerima aslut adalah warga lansia yang kondisi kesehatannya tidak semuanya memungkin untuk datang dan mengambil bantuan secara langsung,"ujarnya.

 

Pada penyaluran aslut tahap pertama tahun 2023 ini, menurut Paulus jumlah bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai senilai Rp 800.000.-

 

"Jumlah ini, akumulasi bantuan aslut selama 4 bulan, yaitu Januari, Februari, Maret dan April, dengan nominal Rp. 200.000 setiap bulannya," jelasnya.

 

Dijelaskan Paulus, ada beberapa kriteria yang dikategorikan sebagai penerima manfaat Aslut yaitu lansia dengan usia minimal 60 tahun dari keluarga yang tidak mampu atau masuk DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial) dan lansia terlantar yang belum menerima bantuan apapun dari Pemkot Kediri.

 

“Definisi terlantar bukan yang hidup di jalan, namun lansia yang memiliki rumah tapi tidak punya penghasilan atau hidup seorang diri itu masuk kategori terlantar,” ujarnya.

 

Dengan diserahkannya bantuan ini, Paulus berharap mampu menjaga inflasi daerah dan membantu daya beli masyarakat menjelang lebaran, sehingga pada saat lebaran nanti, masyarakat yang tidak mampu bisa merayakan lebaran dengan gembira.

 

Terakhir, Paulus berpesan kepada seluruh penerima bantuan agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

 

"Jangan sampai bantuan ini digunakan untuk membeli hal-hal yang tidak penting, manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti sembako dan kue-kue lebaran atau kebutuhan lebaran lainnya," pesannya pada seluruh penerima bantuan.

 

Di lain pihak, salah satu penerima bantuan Aslut Suryadi warga Kelurahan Kaliombo mengaku senang dan sangat terbantu dengan adanya bantuan ini.

 

Menurutnya dengan bantuan Rp. 200.000 per bulan ini, sangat meringankan bebannya untuk kebutuhannya sehari-hari.

 

"Apalagi menjelang lebaran seperti saat ini, hampir seluruh kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Alhamdulillah pak Wali dan Pemkot Kediri telah memberikan kami bantuan. Insyaallah bantuan ini akan kami manfaatkan dengan baik," tuturnya sumringah. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved