Senin, 28 Agustus 2023

Jalan Rusak Parah Banjarsari-Prambangan Gresik Mulai Diperbaiki

Jalan Rusak Parah Banjarsari-Prambangan Gresik Mulai Diperbaiki

  


Gresik, rakyatindonesia.com –  Jalan antar desa yang menghubungkan Banjarsari-Prambangan Gresik mulai diperbaiki. Sejumlah alat berat sudah berada di lokasi. Proyek perbaikan jalan senilai Rp 6,5 miliar ini ditargetkan selesai sebelum akhir Desember 2023.

Sebelumnya, Jalan Banjarsari mengalami rusak yang sangat parah. Hampir tidak ada jalan mulus di lokasi itu. Jalan berupa tanah bebatuan ini juga memiliki lubang yang sangat dalam. Sehingga, masyarakat enggan melintasi.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Gresik Eddy Pancoro menuturkan, pekerjaan jalan sudah dimulai. Jalan itu akan diperbaiki sepanjang 1,3 kilometer dengan lebar 6 meter.

“Kami menargetkan pertengahan Bulan Desember 2023 sudah selesai dan dapat dilintasi pengguna jalan,” tuturnya, Minggu (27/08/2023).

Ia menambahkan, perbaikan Jalan Banjarsari – Prambangan ini tinggal melanjutkan saja. Pasalnya, untuk jalan ke Desa Prambanan hingga dibawah Tol Krian, Legundi, Bunder, Manyar (KLBM). Jalan tersebut sudah diperbaiki berupa beton.

“Tnggal yang arah ke Desa Banjarsari. Dengan diperbaiki ini nanti masyarakat bisa mudah lewat sini sebagai alternatif ke kota,” imbuhnya.

Berdasarkan data LPSE Gresik, terdapat 82 rekanan yang ikut lelang pekerjaan ini. Namun, hanya 19 badan usaha yang mengajukan penawaran dan dimenangkan oleh CV Wijaya yang beralamat Lamongan dengan harga penawaran Rp 5,5 miliar.

Selain pekerjaan jalan lanjur Eddy, nantinya juga dikerjakan udicth untuk saluran air. Hal itu untuk menjaga kondisi jalan agar lebih awet. Kemudian dibeberapa titik akan dibangun tembok penahan tanah (TPT) untuk mencegah gerakan tanah.

“Perbaikan jalan tersebut lahannya berupa tambak dan waduk. Untuk itu, di beberapa titik akan dibangun TPT,” tandasnya. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved