Senin, 23 Oktober 2023

Kunker Ke Sumbar, Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara Baru Mentawai

 Kunker Ke Sumbar, Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara Baru Mentawai

 

Mentawai, rakyatindonesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Kedatangan Jokowi ke Mentawai untuk meresmikan Bandara Rokot baru Mentawai.


Pejabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak membenarkan jadwal kunker Jokowi ke daerahnya tersebut. Menurutnya Jokowi akan meresmikan Bandara Rokot Mentawai.

"Benar, presiden akan datang ke Mentawai. Kedatangan beliau untuk meresmikan bandara baru di Mentawai. Peresmian itu pada hari Rabu esok," katanya pada detikSumut, Senin (23/10/2023).

Menurut Fernando, kunker besok merupakan kali kedua Jokowi ke Bumi Sikerei, setelah terakhir kali pada tahun 2015 untuk mengunjungi korban gempa dan tsunami di sana.

"Sesuai jadwal dan agenda, Pak Presiden hanya akan meresmikan Bandara. Sejauh ini hanya itu," ungkap Fernando.

Selain itu menurutnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kesekretariatan Presiden dan Pemprov Sumbar untuk penyambutan Presiden di Mentawai. Saat ini menurutnya persiapan masih berlangsung.

"Setelah diresmikan oleh Presiden, kami berharap bandara ini akan berdampak besar untuk kemajuan ekonomi di Mentawai. Paling utama untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke sini," jelasnya.

Data yang dihimpun detikSumut, Bandara Rokot baru Mentawai ini memiliki panjang lintasan atau runway 1.500 x 30 meter. Dengan kondisi itu bandara dapat dilandasi pesawat ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 penumpang.

Kapasitas ini jauh lebih besar dibanding bandara sebelumnya, yang hanya bisa dilandasi pesawat Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 orang dengan panjang runway 850 x 23 meter.

Selain kunjungan kerja ke Mentawai, Presiden juga akan mengunjungi beberapa daerah di Sumbar. Mulai dari Kepulauan Mentawai, Kota Pariaman, dan Kota Padang selama dua hari.

Selain meresmikan bandara, Jokowi juga bakal meninjau Pasar Rakyat Kota Pariaman, mengunjungi SMKN 2 Kota Pariaman, dan membagikan beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sekaligus peninjauan gudang Bulog di Padang. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved