Minggu, 29 Oktober 2023

Pendaki Lansia Asal Lombok Tengah Tewas di Gunung Rinjani

 Pendaki Lansia Asal Lombok Tengah Tewas di Gunung Rinjani

 

Lombok Utara, rakyatindonesia.com – Seorang pendaki asal Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), berinisial ALD dilaporkan meninggal dunia saat melakukan pendakian di Gunung Rinjani. Pendaki lansia berusia 66 tahun ini tewas pada Sabtu kemarin.


"Kami menerima laporan dari seorang guide bahwa ada pendaki meninggal dunia di jalur pendakian Torean di Banyu Urip," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Dedy Asriady, Minggu (29/10/2023).

Setelah melakukan koordinasi, sekitar pukul 12.00 Wita Tim Rescue TNGR berangkat bersama enam orang porter dan seorang tenaga medis untuk mengevakuasi korban.

Setiba di Pos Birisan Nangka, Jalur Torean sekitar pukul 13.30 Wita, tim melanjutkan perjalanan ke lokasi Kebun Jeruk dan tiba di sana pada pukul 18.30 Wita.

Korban kemudian dibawa turun sampai lokasi Kebun Jeruk, jalur wisata pendakian Torean dibantu oleh guide dan kedua rekan pendaki tersebut.

"Tim evakuasi membawa korban ke Puskesmas Senaru untuk dilakukan pemeriksaan," katanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan dokter, sekitar pukul 20.05 Wita, jenazah korban lalu diserahkan pihak TNGR kepada pihak keluarga untuk dibawa ke rumah duka.

Dikatakan Dedy berdasarkan informasi dari rekan korban, ALD sempat terlihat kelelahan saat berjalan di jalur pendakian. Korban sempat duduk sebentar untuk beristirahat.

"Korban tiba-tiba meninggal di lokasi istirahat," katanya.

Untuk penyebab korban meninggal dunia belum diketahui secara persis. Namun, Dedy meminta kepada semua pendaki yang melakukan pendakian agar tetap memperhatikan kondisi fisik dan mengikuti aturan pendakian selama berada di Gunung Rinjani. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved