Selasa, 28 November 2023

Forkopimda Surabaya Gelar Apel Siaga Bencana Alam

Forkopimda Surabaya Gelar Apel Siaga Bencana Alam

 

Surabaya, rakyatindonesia.com – Forkopimda Surabaya menggelar apel siaga bencana alam, Selasa (28/11/2023) di halaman Mako Polrestabes Surabaya. Hal ini dilakukan untuk mengecek kesiapan peralatan agar tidak mengganggu antisipasi bencana Hidrometeorologi di Surabaya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Provinsi Jawa Timur menjadi memiliki angka bencana alam paling tinggi diantara 34 Provinsi di Indonesia dengan 153 bencana hidrometeorologi meliputi banjir, tanah longsor, hingga puting beliung melanda Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada musim hujan kemarin. Forkopimda Surabaya pun enggan kecolongan dan telah melakukan persiapan baik secara personel dan peralatan.

“Untuk mengantisipasi timbulnya korban dan upaya evakuasi lebih tanggap, Tiga Pilar Kota Surabaya menggelar Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi,” kata Kasi Humas Polrestabes Surabaya, AKP Haryoko Widhi.

Haryoko menjelaskan, sesuai dengan arahan Kapolda Jawa Timur, seluruh stakeholder di Wilayah Jawa Timur harus siaga dalam menghadapi kondisi alam yang tidak menentu. Surabaya sendiri adalah daerah yang rawan dengan banjir, curah hujan yang tinggi dan angin yang kencang.

“Kemungkinan jika terjadi bencana itu antara lain pohon tumbang, angin puting beliung, dan banjir. Sehingga kesiapan personel dan peralatan perlu disiapkan untuk mengurangi resiko ketika nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Haryoko menegaskan bahwa personel dan peralatan Forkopimda Surabaya dalam kondisi siap. Namun, ia juga menghimbau agar masyarakat Surabaya lebih waspada dan berhati-hati karena kota Surabaya telah digempur angin deras yang merobohkan pohon beberapa waktu lalu.

“Kita tidak dapat memastikan kondisi alam yang tidak menentu. Namun Pemerintah bersama jajaran TNI-Polri akan sigap dan merespon setiap kejadian yang ada,” pungkas Haryoko.

Dalam giat apel siaga bencana alam itu, hadir Danrem 084 Bhaskara Jaya, Kapolrestabes Surabaya, Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Dandim 030 Surabaya Utara, Kasiops Gartap III Kota Surabaya, Kasdim 0831 Surabaya Timur, Kasdim 0832 Surabaya Selatan, Kasatpol PP, Kepala BPBD, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Pejabat Utama Polrestabes Surabaya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved