Sabtu, 11 November 2023

Jurus Pemkab Turunkan Angka Stunting di Karawang

 Jurus Pemkab Turunkan Angka Stunting di Karawang

Jakarta, rakyatindonesia.com –  Pemerintah Kabupaten Karawang terus berupaya menekan angka stunting. Ada sejumlah cara yang dilakukan, salah satunya dengan pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS).


Plt Bupati Karawang Aep Syaepuloh mengatakan pihaknya juga turut menggelontorkan anggaran kepada warga agar masalah stunting bisa diatasi. Hal tersebut diungkapkan olehnya usai upacara Hari Pahlawan, di Plaza Pemda Karawang, Jumat (10/11/2023).

"Kami bentuk TPPS, khusus untuk memberantas stunting, karena dalam data kami masih ada 2.536 anak stunting," katanya seperti dikutip dari detikJabar, Sabtu (11/11/2023).

Dia mengatakan dari total 30 kecamatan di Karawang, ada 29 kecamatan yang terdata masih terdapat kasus stunting. Oleh sebabnya, TPPS membentuk program bapak asuh anak stunting (BAAS), untuk menangani kasus stunting.

"Di Karawang Alhamdulillah ada 1 kecamatan yaitu Pakisjaya, yang zero atau tanpa kasus stunting. Pada bulan ini, tim percepatan penurunan stunting melalui program bapak asuh anak stunting, yang bertugas untuk menyalurkan bantuan asupan nutrisi bagi anak stunting," ungkapnya.

"Memang dalam proses penanganannya program memerlukan anggaran, dan setelah dikalkulasikan, TPPS membutuhkan anggaran sekitar Rp 76 juta setiap bulan untuk program di seluruh kecamatan," sambungnya.

Meskipun membutuhkan anggaran yang besar, dengan komitmen yang kuat, program penurunan stunting dapat berjalan maksimal dengan angka penurunan signifikan secara bertahap.

"Memang cukup besar (anggaran), tapi Alhamdulillah dengan komitmen kuat, kebutuhan penyaluran program, dan penurunan stunting bisa terlaksana dengan baik dan signifikan. Meskipun dilakukan secara bertahap," tutup Aep. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved