Kamis, 23 November 2023

KAI Daop 4 Semarang Sediakan 326 Ribu Tiket KA Periode Libur Nataru 2023

 KAI Daop 4 Semarang Sediakan 326 Ribu Tiket KA Periode Libur Nataru 2023

 

Solo, rakyatindonesia.com – PT KAI Daop 4 Semarang telah menyediakan 326 ribu tiket kereta api (KA) untuk periode libur natal dan tahun baru (Nataru). Saat ini, hampir 10 persen tiket sudah terserap.


Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyebut angkutan kereta api untuk periode libur nataru akan dimulai tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. Akan ada 33 angkutan kereta dari KAI Daop 4 Semarang.

"33 kereta api keberangkatan awal dari stasiun-stasiun di Daop 4 Semarang, terus ada juga KA yang melintas. Nah ini program dari volume penumpang di angkutan nataru tahun ini sekitar 326 ribu penumpang selama 18 hari itu," ujarnya melalui sambungan telepon, Kamis (23/11/2023).

Angka itu meningkat sebesar 16 persen dari tahun sebelumnya. Franoto juga membuka kemungkinan terkait adanya tambahan KA untuk periode libur nataru tahun ini.

"Kalau 2022-2023 nataru kemarin itu sekitar 281 ribu penumpang," tambahnya.

Dia mengimbau agar masyarakat membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Saat ini, tiket yang tersedia masih cukup banyak dengan keterserapan di bawah 10 persen.

"Jadi 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024 masih di bawah 10 persen. Jadi masyarakat yang akan menggunakan angkutan kereta api di masa liburan nataru ini masih cukup tersedia banyak untuk keberangkatan dari stasiun di wilayah Daop 4 Semarang untuk ke berbagai kota," ujarnya.

Hingga saat ini, tujuan favorit penumpang yang mulai terbeli untuk ke arah barat adalah menuju Jakarta, Cirebon, Purwokerto, Bandung. Sedangkan ke arah timur yakni Surabaya, Madiun, Jember, dan Banyuwangi.

Kalau melihat grafiknya ini penumpang yang akan berangkat sementara posisi tertinggi dari stasiun Daop 4 Semarang ke luar daerah itu tanggal 1 Januari. Kalau yang kedatangan itu posisi sekarang dari kota-kota besar lainnya ke stasiun di Daop 4 Semarang itu pada tanggal 22 Desember tapi ini dinamis masih fluktuatif karena ketersediaannya sendiri masih banyak," tambahnya.

Dia mengimbau agar masyarakat teliti dalam pengisian data saat membeli tiket dan meminta agar masyarakat mengantisipasi agar tidak telat saat jadwal keberangkatan. Pengguna jalan yang melintasi perlintasan sebidang juga diminta lebih waspada saat periode libur nataru 2023-2024.

"Ini kan pasti frekuensi kendaraann lain juga lebih banyak meskipun KAInbelum ada kereta tambahan, kami mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati ketika melintasi perlintasan sebidang. Jadi masyatakat juga harus waspada patuhi rambu-rambu lalu lintas ketika melewati perlintasan sebidang agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved