Sabtu, 18 November 2023

Pesawat Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan Akan Dipotong Saat Dievakuasi

Pesawat Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan Akan Dipotong Saat Dievakuasi

 

Pasuruan, rakyatindonesia.com – Evakuasi dua pesawat Super Tucano TNI AU yang jatuh di Pasuruan terkendala sulitnya medan dan cuaca berkabut. TNI AU pun berencana memotong bangkai pesawat agar bisa dievakuasi.


Kadispen TNI AU Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati menjelaskan evakuasi kemungkinan akan menggunakan helikopter. Jadi, bangkai dua pesawat EMB-314 itu harus dipotong-potong untuk memudahkan evakuasi.

"Bangkai pesawat belum bisa dipastikan karena tempat medannya sulit. Kemungkinan harus memotong pesawat, dan mungkin mengangkutnya menggunakan helikopter. Atau menggunakan cara lain," terang Agung.

"Tapi kemungkinan kami bisa menggunakan helikopter, dan itu harus dipotong supaya tidak terlalu berat dan tidak terlalu sulit untuk diangkat," ungkapnya usai pemakaman tiga korban pesawat Super Tucano, Jumat (17/11/2023).

Nantinya setelah berhasil dievakuasi, bangkai dua pesawat akan dibawa ke Lanud Abdulrachman Saleh. Sementara investigasi jatuhnya pesawat bernomor ekor TT-3103 dan TT-3111 juga mulai dilakukan.

"Bangkai pesawat akan dibawa ke pangkalan udara di sini (Lanud ABD Saleh)," ujar Agung.

Tim TNI AU sudah berada di lokasi untuk mengumpulkan data-data penting. Saat ini, tim investigasi masih fokus mencari kotak hitam pesawat.

"Kami akan meng-update informasi, akan kami rilis secara berkala mengenai investigasi. Tim investigasi sudah sampai di lokasi, sedang mencoba untuk me-retract flight data recorder," pungkas Agung.(red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved