Sabtu, 04 November 2023

Tugas Berat Pemimpin Idaman Khofifah yang Bakal Jadi Pemersatu Bangsa

 Tugas Berat Pemimpin Idaman Khofifah yang Bakal Jadi Pemersatu Bangsa

 

Surabaya, rakyatindonesia.com – Ada sosok pemimpin yang diidam-idamkan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Pilpres 2024. Tugasnya, kata Khofifah membereskan 3 PR Indonesia.


"Inilah kawan-kawan, kita mencari pemimpin terbaik untuk bangsa Indonesia ke depan. Jadi kalau PR (pekerjaan rumah) bangsa ini menurut saya persatuan, kedua persatuan, ketiga persatuan," kata Khofifah di Kantor Gubernur Jatim, Jumat (3/11/2023).

Khofifah bersyukur Indonesia sudah 78 tahun bersatu. Dia menyebutkan ada negara yang umurnya hanya 25 tahun, 40 tahun.

"50 tahun kemudian ya dia sudah tidak survive (karena disintegrasi bangsa). Kita bersyukur sudah 78 tahun, itulah yang menjadi dinamika internal dan eksternal, itulah yang harus terus bisa dicari equilibrium dynamic," ujarnya.

Pemimpin RI di kemudian hari, kata Khofifah harus mampu mencari titik keseimbangan tersebut, bahkan mampu memunculkan keseimbangan-keseimbangan baru.

"Pokoknya kita butuh pemimpin yang mampu membangun equilibrium dynamic, pasti dinamika lokal, regional, nasional, global. Dari situ kemudian kita butuh proses untuk membangun keseimbangan-keseimbangan baru," jelasnya.

Salah satu contoh yang dia sebutkan bahwa presiden Indonesia hasil Pilpres 2024 haruslah memiliki komitmen untuk menjaga persatuan Indonesia. Mulai dari Aceh hingga Papua.

"Apa yang terjadi di Papua? Kalau saya ndak pernah underestimate bahwa kita harus menjaga Indonesia terhindar dari kemungkinan terjadi disintegrasi bangsa," jelasnya.

Jadi, siapa sosok yang sesuai kriteria Khofifah tersebut? Khofifah dengan singkat menjawab, "Ya sampean wae (ya kamu aja)," tukas Khofifah. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved