Sabtu, 02 Desember 2023

Bangunan di Pura Subak Manukaya Hancur Ditimpa Pohon Albasia

 Bangunan di Pura Subak Manukaya Hancur Ditimpa Pohon Albasia

 

Gianyar, rakyatindonesia.com – Pohon tumbang menimpa bangunan pewaregan di Pura Subak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Bali, Jumat malam (1/12/2023). Pohon albasia berdiameter sekitar 80 sentimeter (cm) itu menimpa atap hingga bangunan tersebut hancur.


"Pohon besar dan tinggi langsung menimpa pada tengah bangunan hingga hancur pada Jumat malam. Hari ini sedang ditangani tim reaksi cepat (TRC) BPBD Gianyar," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba, Sabtu (2/12/2023).

Ia menegaskan tak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Ia memperkirakan kerusakan bangunan yang biasanya digunakan untuk berbagai kegiatan adat oleh warga setempat itu mengakibatkan kerugian mencapai Rp 50 juta.

Selain pohon tumbang, hujan yang mengguyur sejak Kamis malam juga mengakibatkan longsor di selatan dari tempat melukat di kawasan Sebatu, Tegallalang, Gianyar. Bahkan, akses jalan dan tembok warga tertimbun material longsor setebal 1 meter.

"Hari ini TRC sedang standby untuk menerima laporan masuk karena kondisi cuaca sudah mulai hujan, terutama di Tegallalang dan Tampaksiring," imbuh Suamba.

Suamba mengimbau masyarakat maupun wisatawan untuk waspada dan mengutamakan keselamatan. Sebab, bencana seperti tanah longsor dan pohon tumbang kerap terjadi saat musim hujan. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved