Minggu, 31 Desember 2023

Kecanduan Dunia Malam, Pria Nganjuk Gasak HP dan Laptop Mahasiswa IAIN Kediri

Kecanduan Dunia Malam, Pria Nganjuk Gasak HP dan Laptop Mahasiswa IAIN Kediri

 


Kediri, rakyatindonesia.com    – Kecanduan dunia malam, seorang pria asal Nganjuk, Jawa Timur melakukan sejumlah pencurian di Kampus IAIN Kediri. Dalam melancarkan aksinya, pelaku nyaru sebagai mahasiswa.

Pelaku mnggasak barang-barang milik sejumlah mahasiswa IAIN Kediri. Beruntung, polisi bisa segera membongkar aksi kejahatannya.

Tapi dalam menangkap pelaku tidak mudah. Sempat terjadi kejar-kejaran antara pelaku dengan petugas Opnal Polres Kediri Kota.

Pencuri yang berhasil diringkus ini bernama Widada Asmara (47) warga Kabupaten Nganjuk. Dari catatan kepolisian, pelaku merupakan residivis kasus penipuan.

Kasat Reskrim Polres Kediri Kota AKP Nova Indra mengatakan, penangkapan pelaku bermula dari laporan pencurian yang dialami mahasiswa. Ada dua laporan polisi yang masuk ke Polres Kediri Kota.

“Setelah kami menerima laporan kehilangan dan pencurian laptop di sejumlah tempat foto copy di kampus IAIN Kediri. Anggota melakukan patroli dan penyelidikan, kebetulan tersangka bertemu dan bermaksud diamankan, namun berupaya melarikan diri sehingga terjadi aksi kejar kejaran,” kata AKP Nova. Pelaku berhasil diringkus petugas setelah salah mengambil jalan di gang sekitar Kampus IAIN Kediri. Petugas sempat menabrak sepeda motornya untuk menghentikan motor pelaku.

Masih kata Kasat Reskrim, pelaku mencuri barang-barang milik dua mahasiswa IAIN Kediri. Mereka Rekyan Palupi (22) warga Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri dan Risalatul Mursyidah (20) warga Ngronggo Kecamatan KOta Kediri.

Barang-barang yang diambil pelaku berupa laptop yang ditinggalkan korban di sepeda motornya ketika foto kopi bahan kuliah. Peristiwa pencurian itu pada 27 November 2023 dan 11 Desember 2023 lalu.

Dalam melancarkan aksinya, pelaku menyaru sebagai seorang mahasiswa. Tetapi saat kedoknya terbongkar, pelaku berubah modus sebagai pegawai kampus dan karyawan fotokopi dengan menggunakan masker.

Pelaku mengincar mahasiswa yang sedang foto kopi maupun menjilid buku dengan meninggalkan barang berharganya di sepeda motor, bagian dasbord motor maupun di stang motor. Barang-barang itu berupa
HP maupun laptop.

Kasat mengatakan, dalam mengungkap kasus pencurian yang dilakukan tersangka, pihaknya mengambil rekaman CCTV dan video rekaman dari salah seorang korban. Dari situ, polisi berhasil mengidentifikasi pelaku.

Biasanya pelaku mondar-mandir di sekitar kampus dengan mengendarai sepeda motor Yamaha Mio dengan nopol AG 3664 WX warna merah. Kemudian petugas mencari keberadaan pelaku.

Kepada petugas, pelaku mengaku melakukan aksi pencurian untuk memenuhi hasratnya. Dia senang pada dunia malam dengan karaoke bersama wanita malam.

“Pelaku ini benar benar tidak kapok, dulu pernah ditangkap dengan kasus penipuan terhadap mahasiswi, sekarang pencurian terhadap mahasiswi (laptop dan handphone) demi hobbynya yang suka dunia malam dan hiburan malam,” pungkas AKP Nova.(red.r)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved