Jumat, 05 Januari 2024

Cak Imin Janji Mekarkan Garut Jadi 2 Wilayah Jika Terpilih

 Cak Imin Janji Mekarkan Garut Jadi 2 Wilayah Jika Terpilih

 




Jakarta, rakyatindonesia.com - Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berjanji bakal melakukan pemekaran wilayah di Kabupaten Garut, Jawa Barat jika terpilih di Pilpres 2024. Pemekaran akan dilakukan dengan membentuk daerah otonomi baru yakni Garut Utara maupun Garut Selatan.


"Insyaallah ini program AMIN, kita akan kembangkan wilayah pemekaran ini, daerah otonomi baru," kata Cak Imin saat berdialog bersama warga terkait daerah otonom Garut Utara dan Garut Selatan di Antapura de Djati, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024).


Cak Imin menjelaskan pemekaran ini dapat membuat masyarakat lebih dekat dengan kantor pemerintahan. Selain itu, Cak Imin juga berharap hal itu dapat mempermudah percepatan pembangunan.


"Untuk apa (pemekaran)? Agar pelayanan pemerintah lebih dekat ke rakyat sekaligus juga mempermudah percepatan pembangunan," terang Cak Imin.


Cak Imin menyebut Jawa Barat memiliki populasi jumlah penduduk yang besar. Dia lalu mencontohkan wilayah Jawa Timur yang jumlah penduduknya tidak lebih banyak dari Jawa Barat namun memiliki Kabupaten yang lebih banyak.


"Ya Jawa Barat ini penduduknya 50 juta, tapi cuma ada 27 kabupaten, wilayahnya juga sangat luas sekali. Jawa Timur, penduduknya 40 juta, 38 kabupaten, begitu juga Jawa Tengah. Karena itu harusnya dibuka moratorium untuk pemekaran daerah sehingga Garut dimekarkan jadi dua," jelas Cak Imin.(red.w)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved