Rabu, 03 Januari 2024

Dua Terminal di Jatim Naik Jadi Tipe A, Emil Dardak Jamin Kenyamanannya

Dua Terminal di Jatim Naik Jadi Tipe A, Emil Dardak Jamin Kenyamanannya

 


Surabaya, rakyatindonesia.com - Dua terminal di Jawa Timur kini resmi naik kelas ke Terminal Tipe A. Dua terminal itu yakni Terminal Purboyo Kota Madiun dan Terminal Patria Kota Blitar.


Plt Gubernur Jatim Emil Dardak menyebut, dua terminal tersebut wujud keberpihakan pada transportasi publik dan pemerataan pembangunan.

Menurut Emil, ada dua makna dari diresmikannya kedua terminal Tipe A di Jatim ini. Pertama, ini adalah bentuk afirmasi dan keberpihakan pada transportasi publik.



"Bagaimana terminal dibuat semegah dan senyaman ini. Insyaallah ini akan mendorong masyarakat untuk mulai mengurangi penggunaan kendaraan pribadi," kata Emil saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (3/1/2024).



Kedua, lanjut Emil, pembangunan terminal di kota atau kabupaten lain selain kota/kabupaten besar adalah bagian dari pemerataan pembangunan daerah.


"Ini menunjukkan dukungan kami dan semoga ini mendorong pembangunan yang merata," tuturnya.



Mantan Bupati Trenggalek ini berharap, keberadaan dua terminal yang telah direvitalisasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.



"Terima kasih Pak Presiden yang kemarin sudah meresmikan. Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat," tandasnya.



Untuk diketahui, Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun memiliki konsep green building dengan memperbanyak bangunan kaca, sehingga mampu meminimalisir penggunaan lampu.


 Terminal ini menghabiskan dana sebesar Rp 30 miliar. Setidaknya, terminal ini mampu menampung 500 bus per harinya. Diharapkan 3,2 hektare terminal ini dapat mengejar target awal hingga 700 bus per hari.


Sedangkan Terminal Tipe A Patria Kota Blitar memiliki luas 3.950 m2 yang menghabiskan dana revitalisasi Rp 65 miliar. Bahkan pada libur natal dan tahun baru, volume penumpang naik hingga 95%. (red.w)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved