Jumat, 19 Januari 2024

Kala Basemen Pasar Baru Bandung Disergap Asap Hitam

 Kala Basemen Pasar Baru Bandung Disergap Asap Hitam

 

Bandung, rakyatindonesia.com - Ratusan pedagang di Basmen Pasar Baru, Kota Bandung berlarian keluar saat melihat asap hitam mengepul di dalam basemen. Mereka menyelamatkan diri dan berkumpul di trotoar yang ada di Jalan Otista.


Mereka panik, pasalnya telah terjadi kebakaran di dalam basement, hal itu dapat dilihat dari perkatnya asap hitam yang ada di dalam basement itu.


Video amatir kepanikan warga pun beredar di media sosial (medsos), tidak lama dari itu bala bantuan dari Diskar PB Kota Bandung pun datang untuk memadamkan kepulan asap.


Petugas yang sudah tiba ke TKP pun langsung merangsek masuk kedalam basement itu, air yang disalurkan dari mobil pemadam kebakaran melalui selang-selang pun langsung disemprotkan ke titik munculnya asap itu.


Setelah berhasil mendekati titik asap, ternyata panel listrik yang ada di basement Pasar Baru meledak dan menimbulkan asap yang cukup hebat.


"Yang terbakar ini diduga genset, tapi sebenarnya adalah panel listrik. Jadi sumber api di sana menyebar ke bangunan yang mudah terbakar, dan semua berjejer panel listrik cadangan Pasar Baru," kata Kasi Ops Pemadaman Diskar PB Kota Bandung Asep Rahmat di TKP, Kamis (18/1) siang.



Asap menyebut sebelum terbakar, saksi sempat mendengar suara ledakan dari ruangan yang menyimpan panel listrik cadangan. Diduga kuat, ledakan terjadi karena korsleting.



"Ruang khusus panel listrik, meledak, sempat ada ledakan karena korslet," tutu.


Beruntung menurut Asep, petugas keamanan Pasar Baru bergerak cepat memadamkan api menggunakan APAR sehingga api tidak menyebar. Saat asap di lokasi kejadian sudah mulai mereda. Petugas juga telah melakukan pendinginan di lokasi kejadian.


"Itu dipadamkan (petugas pasar) pakai APAR, tapi karena tidak dilengkapi alat pelindung lengkap, mereka gak bisa maksimal, tapi ada upaya pemadaman. Kondisi (sekarang) sudah aman," pungkasnya. (red.w)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved