Sabtu, 24 Februari 2024

Kabar Gembira! Ketua RT & RW di Kebumen Bakal Dapat Insentif

 Kabar Gembira! Ketua RT & RW di Kebumen Bakal Dapat Insentif

 


Kebumen, rakyatindonesia.com  - Ada kabar gembira untuk para Ketua RT dan RW di Kabupaten Kebumen. Pasalnya, mulai bulan depan mereka akan mendapatkan dana insentif dari Pemerintah Kabupaten Kebumen yang merupakan kebijakan dari Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto.


Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto. Pemerintah Daerah Kebumen akan memberikan dana insentif untuk Ketua RT dan RW mulai Maret 2024 mendatang.


Adapun besarannya adalah Rp 195.000 untuk Ketua RW dan Rp 190.000 untuk Ketua RT. Nominal tersebut dibayarkan per tiga bulan sekali.

"Nantinya semua RT dan RW yang ada di Kabupaten Kebumen mendapat insentif dari pemerintah daerah yang dibayarkan per tiga bulan sekali. Insyaallah nanti cair mulai bulan Maret," kata Cokro, Kamis (22/2/2024).

Cokro menyebut, untuk jumlah RT di Kebumen ada 6.818 sedangkan RW ada 1.949. Pemerintah Daerah telah menganggarkan sebanyak Rp6,2 Miliar untuk pemberian insentif RT/RW. Nantinya insentif itu akan diberikan melalui pemerintah desa.


"Untuk pembayaran nanti diberikan melalui pemerintah desa. Jadi ngambilnya lewat desa sesuai jumlah yang sudah ditentukan," sebutnya.


Pemberian insentif ini merupakan komitmen atau perhatian Pemda terhadap para Ketua RT dan RW, di mana insentif itu belum pernah diberikan. Insentif diberikan karena mereka juga punya peran penting dalam membantu kerja-kerja pemerintahan di tingkat desa.


"Saya sampaikan ini merupakan bentuk komitmen dari perhatian Pemda kepada para Ketua RT dan RW. Bagaimana pun mereka ini juga ikut bekerja membantu pemerintah baik dalam hal pendataan warga, administrasi, dan juga ikut serta dalam menjaga kerukunan dan ketertiban di masyarakat," imbuhnya.


"Jadi meski jumlah insentif belum banyak, tapi dengan insentif ini sudah menunjukan ada perhatian dari Pemerintah Daerah. Hal ini tentunya disesuaikan dengan kemampuan APBD kita," sambungnya.(red.w)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved