Minggu, 04 Februari 2024

Sempat Terdampar di Pantai Jepara, Hiu Sepanjang 5 Meter Berhasil Diselamatkan

 Sempat Terdampar di Pantai Jepara, Hiu Sepanjang 5 Meter Berhasil Diselamatkan

 


Jepara, rakyatindonesia.com - Sebuah video hiu terdampar di Pantai TPI Ujungbatu, Kabupaten Jepara Jawa Tengah viral di media sosial. Petugas pun berhasil menyelamatkan hiu yang terdampar kembali ke laut lepas.


Video hiu terdampar diunggah dalam akun facebook @Irvanputra 12 jam lalu. Dalam postingan itu seorang warga tengah menemukan hiu yang terdampar di tepi pantai. Warga itu tampak mencoba menari kembali hiu ke tengah laut.


"Hiu yang ditarik sama orang yang baik hati," tulisnya

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan membenarkan adanya hiu yang terdampar di pantai TPI Ujungbatu dalam keadaan hidup. Petugas Polairud Polres Jepara kata dia pun sempat membantu melakukan evakuasi hiu tersebut.



"Ya benar, jenis hiu paus terdampar di dermaga Muara Ujungbatu yang terkena jaring nelayan pada Sabtu (3/2) kemarin," kata Wahyu


Wahyu mengatakan petugas Polairud dengan nelayan berusaha mendorong ikan ke tengah laut. Kata dia dengan bantuan perahu nelayan hiu tersebut yang masih hidup berhasil dievakuasi ditarik dan dibawa ke tengah laut sekitar 5 NM (Nautica Mill) untuk diselamatkan.


"Hiu itu bisa dikembalikan ke habitatnya ke laut, tidak ditemukan luka maupun goresan bekas jaring," ungkapnya.


Wahyu mengatakan hiu paus itu jenis geger lintang atau nama latinnya Rhyncodon Typus dengan panjang 5 meter lebar 2,5 meter, lingkar badan 3 meter berar 1,5 ton.


"Karena ikan tersebut dilindungi atas pertimbangan demi penyelamatan dan kelestarian ikan tersebut diselamatkan dan dievakuasi ke laut kembali ke habitatnya," pungkas Wahyu. (red.w)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved