Sabtu, 02 Maret 2024

Jelang Ramadan dan Idul Fitri, Pj Gubernur Jatim Pastikan Stok Beras Aman

 Jelang Ramadan dan Idul Fitri, Pj Gubernur Jatim Pastikan Stok Beras Aman

 


Surabaya, rakyatindonesia.com - Ketersediaan dan stok beras dipastikan cukup banyak jelang Ramadan dan Idul Fitri 2024. Apalagi beras menjadi penyumbang tertinggi inflasi di Jawa Timur.


"Kami dengan bulog sudah mengecek ketersediaan bahan pokok khususnya beras yang masuk di dalam faktor penyumbang inflasi di Jawa Timur. Secara umum stoknya cukup banyak," ungkap Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono di Mapolda Jatim usai Apel Operasi Keselamatan Semeru 2024, Sabtu (2/3/2024).



Adhy mengaku ketersediaan beras di Jawa Timur masih mencapai ratusan ribu ton dan dipastikan akan mencukupi hingga 2 bulan ke depan. Ia juga mengklaim akan ada panen raya di Bulan Maret yang akan membantu mengamankan persediaan beras.


"Ada 135 ribu ton yang sudah masuk (di Gudang Bulog) dan sekarang sedang bergerak juga yang masuk ke pelabuhan. Ini setara kalau untuk dua bulan ke depan itu tidak masalah. Kita pastikan sampai lebaran selesai itu akan cukup," ujarnya.


"Di bulan Maret pertengahan itu juga masuk panen raya. Jadi kita tertolong dengan panen raya," pungkasnya.



Sementara Kapolda Jatim, Irjen Pol. Imam Sugianto juga menjelaskan pihaknya telah melakukan pasar. Dia juga memastikan bahwa ketersediaan bahan pokok di Jawa Timur masih mencukupi.


"Pemerintah, Satgas Pangan, bersama kita (Polda Jatim), dan stakeholder terkait sudah dari minggu kemarin melaksanakan operasi pasar secara serentak," ungkapnya.


"Insyaallah sampai di tahun ini bapokting (Barang kebutuhan pokok dan bahan penting) kita dalam posisi aman," sambung Imam.

Imam mengimbau kepada distributor agar tidak menimbun sembako. Ia juga mengaku belum ada kasus pelanggaran hukum yang terkait dengan bapokting.

"Kita imbau kepada masyarakat terutama para distributor, jangan menimbun sembako yang melampaui peraturan yang sudah ditetapkan. Sementara belum ada didapatkan kasus-kasus yang terkait dengan bapokting," tandasnya.(red.w)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved