Sabtu, 23 Maret 2024

Semburan Air Panas Muncul di Bawean Usai Diguncang Gempa Tuban

Semburan Air Panas Muncul di Bawean Usai Diguncang Gempa Tuban

 



Gresik, rakyatindonesia.com - Gempa bumi mengguncang wilayah Tuban, Jumat (22/3/2024). Gempa berkekuatan M 6,5 itu menimbulkan fenomena alam dengan munculnya air panas dari dalam tanah di Pulau Bawean, Gresik.

Dari video yang diterima detikJatim, peristiwa tersebut terjadi di Desa/Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik. Air panas itu terlihat menyembur di beberapa titik di sekitar SMP dan SMA NU Islamiyah.

Kepala Desa Tambak, Mustain menyebut menyemburnya air panas itu terjadi pada Jumat usai terjadi gempa.

"Semburan air panas terjadi setelah gempa, di mana tanah pecah dan mengeluarkan air," ujar Mustain kepada detikJatim, Sabtu (23/3/2024).

Mustain mengatakan fenomena semburan air dari bawah tanah tidak hanya terjadi di sekitaran sekolah Islamiyah. Fenomena itu juga terjadi di tempat-tempat lain.

"Semburan itu tidak hanya di sekolah Islamiyah saja. Ada banyak tempat lain yang juga keluar air. Di Tambak Timur dan Tambak Tengah juga ada. Airnya ada yang asin dan mengeluarkan lumpur juga," terangnya.

Kini, warga Desa Tambak masih mengungsi di tempat terbuka seperti lapangan sepak bola, sawah, hingga pegunungan. Mereka masih memilih bertahan di lapangan karena takut terjadinya gempa susulan.

"Kondisi warga sekarang masih takut semua. Warga masih berada di lapangan sepak bola, sawah, hingga pegunungan dengan membangun tenda," sambung Mustain.

Sebelumnya, gempa di wilayah laut Tuban terasa kencang di Bawean. Akibatnya, sejumlah rumah hingga fasilitas umum di Bawean rusak. Warga saat ini tengah menunggu bantuan dari pemerintah.(red.R)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved