Sabtu, 20 April 2024

Di Kota Kediri, Harga Cabai dan Bawang Putih Mulai Turun, Bawang Merah Naik

 Di Kota Kediri, Harga Cabai dan Bawang Putih Mulai Turun, Bawang Merah Naik


KEDIRI, rakyatindonesia.com -Monitoring harga kebutuhan rumah tangga pasca Hari Raya Idhul Fitri ada yang mulai turun. Namun ada sejumlah komoditas yang cenderung naik dan stagnan.

Hasil monitoring Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri di Pasar Setono Betek, gula pasir tetap berada pada harga yang tinggi yakni Rp 17.400 per kg.

Selanjutnya minyak goreng kemasan sederhana Rp 16.030, minyak goreng curah Rp 15.800 per liter.



Khusus seluruh jenis cabai mengalami penurunan harga hingga di bawah harga eceran tertinggi (HET).

Cabai merah besar Rp 49.000 (HET Rp 55.000) cabai rawit keriting Rp 39.000 (HET Rp 55.000); cabai rawit Rp 31.000 (HET Rp 57.000).



Sedangkan aneka protein hewani, seperti daging ayam sampai dengan saat ini harganya stabil Rp 37.000/kg; telur ayam Rp 26.000/kg; daging sapi Rp 120.000/kg.

Harga kedelai dan jagung pipilan juga terkendali. Sedangkan harga tomat mengalami penurunan Rp 23.000/kg dan bawang putih turun menjadi Rp 39.000 per kg.

Moh Ridwan, Kepala DKPP Kota Kediri menjelaskan, kegiatan monitoring harga sebagai upaya dalam mengendalikan harga komoditas di Kota Kediri pasca hari raya keagamaan.

“Di Pasar Setono Betek ada beberapa komoditas setelah Lebaran mengalami penurunan. Alhamdulillah untuk pasokan pangan di Kota Kediri harganya aman,” jelas Moh Ridwan, Sabtu (20/4/2024).

Namun ditambahkan, terdapat beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga maupun yang mengalami penurunan.

Harga beras premium mengalami penurunan harga mendekati HET yakni Rp 14.900 (HET 14.950); beras medium Rp 12.400 (di atas HET 14,2 persen).

“Sesuai aturan Badan Pangan Nasional (Bapanas), beras kalau di atas 5 persen dari HET diperlukan adanya intervensi. Kami melaporkan ke pimpinan untuk beras medium masih diperlukan intervensi bekerja sama dengan Perum Bulog untuk beras SPHP,” terangnya.

Komoditas yang masih mengalami kenaikan bawang merah naik menjadi Rp 58.056 (di atas HET 39,9 persen).

“Bawang merah juga sesuai aturan Bapanas harus ada intervensi, tapi kalau dari kami karena bawang merah bukan komoditas pangan pokok maka intervensinya masih bisa ditoleransi,” jelasnya.

Dijelaskan, hasil monitoring pasar akan dilaporkan ke Bapanas melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Jawa Timur dan Satgas PanganKota Kediri.

Diharapkan masyarakat tidak melakukan panic buying karena untuk pasokan pangan sangat tersedia di Kota Kediri.

Dengan keberadaan pasar grosir dan pasar konsumen, dapat membantu mencukupi kebutuhan pangan masyarakat di Kota Kediri. (Red. M)




 

 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved