Sabtu, 18 Mei 2024

Daftar Parpol yang Akan Usung Khofifah di Pilgub Jatim 2024.

Daftar Parpol yang Akan Usung Khofifah di Pilgub Jatim 2024.



JAKARTA, rakyatindonesia.com - DPP Partai Golkar secara resmi mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak untuk bertarung pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur atau Pilgub Jatim 2024.

Rekomendasi itu dikeluarkan ketika Khofifah dan Emil bertemu langsung dengan Airlangga di rumah dinas jabatan Airlangga di kawasan Widya Chandra, Jakarta, Jumat (17/5) malam.

Golkar Resmi Calonkan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

"Kita sudah mengeluarkan surat keputusan untuk mengusung Ibu Khofifah dan Mas Emil sebagai Calon Gubernur Jawa Timur dan Wakil Gubernur," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Jakarta, Jumat (17/5).

Airlangga menilai kepemimpinan Khofifah-Emil pada periode pertama memimpin Jatim telah terbukti. Ia berharap keduanya melanjutkan keberhasilan tersebut.

Selain Golkar, Khofifah juga telah mengantongi rekomendasi untuk maju Pilgub dari tiga partai politik lainnya. Mereka di antaranya Gerindra, PAN dan Demokrat.

Rekomendasi Gerindra untuk mendukung Khofifah sempat diserahkan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo di Hotel Double Tree Surabaya pada 10 Desember 2023.

Khofifah Respons Peluang Tarung Lawan Kiai Marzuki di Pilgub Jatim
Kemudian rekomendasi dari Demokrat diserahkan langsung oleh Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Hotel The Westin Surabaya, 12 Desember 2023.

Sementara rekomendasi dari PAN diserahkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) ke Khofifah saat berpidato di Konsolidasi Caleg PAN se-Jatim di Hotel Sheraton, Surabaya, Jawa Timur, 4 Desember 2023.

Dari empat partai itu, baru Demokrat dan Golkar yang sudah memberikan rekomendasi penuh kepada paket pasangan Khofifah-Emil Dardak untuk maju di Pilgub Jatim. Sementara Gerindra dan PAN belum.

Sementara itu, PDIP juga memberi sinyal untuk mendukung Khofifah di Pilgub Jatim. Namun, partai besutan Megawati ini belum menyatakan dukungannya secara resmi.

Marzuki Mustamar Masuk Radar PKB di Pilgub Jatim Lawan Khofifah
Bahkan, PDIP Jatim telah menyodorkan tiga nama yang diusulkan mendampingi Khofifah di Pilgub Jatim 2024. Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Budi 'Kanang' Sulityono mengungkapkan tiga nama itu merupakan kader sekaligus kepala daerah berprestasi yang layak mendampingi Khofifah.

"Kami siapkan tiga nama. Pertama, Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Kedua, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin. Ketiga, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana," kata Kanang seperti diberitakan detikJatim, Rabu (1/5).
"Tiga kader terbaik kami untuk mendampingi Khofifah," tuturnya.(red,I)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved