Minggu, 23 Juni 2024

BPBD Jatim Masih Selidiki Penyebab Kebakaran Gunung Batok

BPBD Jatim Masih Selidiki Penyebab Kebakaran Gunung Batok

 


Surabaya , rakyatindonesia.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Batok, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah padam. BPBD Jatim bersama pihak TNBTS masih terus menyelidiki penyebab utama kebakaran di Gunung Batok.

"Sampai dengan saat ini kami tengah melakukan evaluasi apa penyebab kebakaran di Gunung Batok," kata Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, Minggu (23/6/2024).

Gatot menjelaskan, kebakaran di Gunung Batok terjadi akibat kobaran api yang menjalar dari titik Mororejo dan Podokoyo.

Ia pun meminta semua pihak saling menjaga kelestarian alam, termasuk tidak membakar apapun di area TNBTS. Apalagi, saat ini tengah memasuki puncak musim kemarau dan kecepatan angin cukup kencang.

"Kami imbau semua pihak agar tidak menyalakan api, membakar apapun di area TNBTS. Pastikan tidak ada titik api," jelasnya.

BPBD Jatim, kata Gatot, selama sepekan ini telah menurunkan tim reaksi cepat ke lokasi kejadian. Mereka telah membawa peralatan pemadaman, seperti gepyok, jet shooter, truk tangki dan pompa alkon.

Bersama tim gabungan dengan BPBD Kabupaten Pasuruan, BPBD Kabupaten Probolinggo, Tim TNBTS, TNI Polri dan relawan Masyarakat Peduli Api (MPA), TRC BPBD Jatim turut berjibaku melakukan pemadaman api di lokasi kejadian.

"Selain dengan gepyok dan ranting pohon, pemadaman kali ini juga dilakukan dengan penyemprotan air, termasuk dengan jet shooter, seperti yang dilakukan TRC BPBD Jatim. Namun, angin yang berhembus di lokasi kejadian begitu kencang, kobaran api pun cepat menjalar hingga ke puncak Gunung Batok dan terus meluas ke sisi barat. Alhamdulillah kondisi siang ini sudah membaik," jelasnya.

Gatot menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap Tim pemadaman Karhutla Gunung Bromo yang terus berjuang memadamkan api selama beberapa hari terakhir. Ia juga berpesan, agar segenap tim berhati-hati dan terus waspada dalam menjalankan aksinya.

"Terima kasih untuk semua elemen yang terlihat dalam pemadaman api di Gunung Batok. Tetap waspada dan berhati-hati saat bertugas," tandasnya.(red.i)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved