Jumat, 21 Juni 2024

Cara Mudah Mengonsumsi Daun Salam untuk Meningkatkan Kesehatan

Cara Mudah Mengonsumsi Daun Salam untuk Meningkatkan Kesehatan

  


Jakarta,   rakyatindonesia.com    - Ada banyak sekali bahan alami yang dapat diolah menjadi obat-obatan untuk menunjang kesehatan, salah satunya adalah daun salam. Lantas, bagaimana cara mengonsumsi dan mengolah daun salam untuk mendapatkan manfaat kesehatannya?

Daun salam, atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama bay leaf, merupakan salah satu herbal yang punya beragam manfaat. Seringkali, daun salam dimanfaatkan sebagai bumbu untuk meningkatkan kelezatan dan aroma masakan.

Di luar itu, daun salam juga kerap dijadikan ramuan alami untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit serta meningkatkan kesehatan. Sebab, daun salam mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, seperti vitamin A, C, B6, kalsium, zat besi, mangan, dan serat.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi daun salam:

Melancarkan pencernaan
Membantu mengelola kadar gula darah
Mengatasi peradangan dalam tubuh
Meredakan batuk, hidung tersumbat, dan asma
Menurunkan tingkat stres
Meningkatkan kesehatan mulut dan gigi
Menyehatkan kulit dan rambut
Menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL
Berpotensi mencegah jenis kanker tertentu

Cara Mengonsumsi Daun Salam
Pertanyaannya, bagaimana cara mengonsumsi daun salam agar bisa mendapatkan khasiat di atas? Daun salam dapat diolah dengan berbagai macam cara, tergantung tujuan dan selera masing-masing individu.

Namun perlu diingat, daun salam tidak boleh dikonsumsi secara langsung, baik dalam keadaan mentah maupun sudah dimasak. Pasalnya, daun ini memiliki tekstur yang kasar dan tajam, sehingga sulit untuk dikunyah. Selain itu, daun salam juga tidak bisa dicerna dengan mudah oleh tubuh.

Berikut cara mengonsumsi daun salam yang dianjurkan untuk mendapatkan khasiatnya:

1. Dicampur ke dalam masakan
Mencampurkan daun salam ke masakan tidak hanya akan menambah cita rasa dan aroma, tapi juga memberikan manfaat kesehatan pada masakan tersebut.

Daun salam biasanya ditambahkan ke dalam masakan seperti sup, semur, tumis, serta hidangan nasi sebagai penyedap rasa.

2. Diseduh dengan air panas
Salah satu cara paling populer mengonsumsi daun salam adalah dengan menyeduhnya dengan air panas untuk kemudian diminum. Air rebusan daun salam diyakini memiliki banyak manfaat, mulai dari membantu mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan kadar gula darah, hingga membantu membuang racun dari dalam tubuh.

3. Diolah menjadi teh
Daun salam diolah menjadi minuman teh. Caranya adalah dengan menyeduh daun salam kering dalam air panas selama beberapa menit. Untuk menambah khasiat dan cita rasa, teh daun salam juga bisa dicampur dengan bahan alami lain, seperti madu atau perasan lemon.

4. Digiling menjadi bubuk
Daun salam kering dapat dihaluskan menjadi bubuk, dan dapat ditambahkan ke dalam aneka makanan, minuman, atau smoothie untuk menambah asupan nutrisi.(red.AL)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved