Minggu, 23 Juni 2024

Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Mulai Berdatangan di Tanah Air

Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Mulai Berdatangan di Tanah Air

 


Surabaya , rakyatindonesia.com - Ratusan jemaah haji kloter pertama asal Kabupaten Bojonegoro telah mendarat di Bandara Internasional Juanda, Sabtu (22/6) malam, sekitar pukul 20.15 WIB. Kedatangan mereka menandakan fase pemulangan jemaah haji asal Jatim telah dimulai.

Setelah mendarat, para jemaah kemudian melanjutkan perjalanan ke Asrama Haji Surabaya dan tiba pukul 21.40 WIB. Kedatangan mereka disambut oleh pejabat terkait antara lain Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Jatim, Plt Kakanwil Kemenag Jatim, dan Kepala Balai Besar Kekarantinaan Surabaya.

Dalam sambutannya, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Jatim Akhmad Jazuli berharap seluruh jemaah diterima ibadah hajinya. Ia juga berpesan agar seluruh peserta haji senantiasa menjaga sikap meskipun sudah tak berada di Tanah Suci.

"Kloter satu Insya Allah haji mabrur semua. Beritanya semuanya positif," kata Jazuli.

"Ada teman yang bertengkar selama di Arab Saudi, tidak usah dibuat bahan obrolan apalagi gunjingan. Tolong benar-benar dijaga kemabruran hajinya," imbuhnya.

Plt Kakanwil Kemenag Jatim Mufi Imron Rosyadi dalam laporannya menyampaikan, terdapat tambahan satu mutasi jemaah dari kloter lain dan ada dua jemaah dari kloter ini yang wafat di tanah suci.

"Alhamdulillah hari ini 369 jemaah kloter satu telah kembali di tanah air dari total awal 371 jemaah. Namun, ada satu mutasi masuk dari kloter 68, sehingga total jemaah yang pulang adalah 370 orang," terang Mufi

Setiba di asrama haji, jemaah harus melewati beberapa tahap sebelum pulang. Mereka terlebih dahulu diperiksa suhu tubuhnya dengan thermoscan lalu melakukan stamp paspor kedatangan.

Setelahnya, jemaah menunggu loading barang bawaan dan menerima paspornya kembali. Mereka juga menerima air zamzam sebelum pulang.

"Jemaah akan menerima air zamzam sebanyak 5 liter dengan ketentuan jemaah haji memperlihatkan paspor kepada petugas," ungkap Mufi.

Mufi menyadari jemaah sudah lelah dalam perjalanan menuju Tanah Air. Sehingga, proses di embarkasi ini dilakukan dengan efisien agar mereka bisa segera pulang ke rumah.

"Secara umum untuk proses pelayanan kepada jemaah haji, kami akan mempercepat proses tersebut karena jemaah sudah lelah di perjalanan," ujar Mufi.

Selain kloter pertama, di hari yang sama (Sabtu, 22/6/2024) juga menyusul kloter dua dan tiga yang mendarat pukul 21.36 WIB dan 22.31 WIB. Masing-masing berisi 370 dan 371 jemaah.

Minggu (23/6/2024) dini hari, 370 jemaah kloter empat juga tiba di Bandara Internasional Juanda pukul 00.36 WIB. Keempat kloter dengan total 1.482 jemaah ini semuanya berasal dari Kabupaten Bojonegoro.

Rencananya, kloter lima juga akan menyusul tiba di tanah air pada Minggu (23/6/2024) malam. Kloter yang berisi jemaah haji dari Kabupaten Lamongan ini akan tiba di Bandara Internasional Juanda pukul 21.00 WIB.(red.i)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved