Kamis, 01 September 2022

Program Magister Ilmu Komunikasi Resmi Dibuka di Untag Surabaya

Program Magister Ilmu Komunikasi Resmi Dibuka di Untag Surabaya

 


Surabaya, rakyatindonesia.com – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya meresmikan sekaligus membuka pendaftaran Magister Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (Fisip) di Tahun 2022.

Rektor Untag Prof. Mulyanto Nugroho menjelaskan bahwa dibukanya jenjang magister ini tak lepas dari tingginya animo masyarakat terhadap ilmu komunikasi sejak 5 tahun terakhir.

“Bahkan sudah kita naikkan 3 kali lipat pun di jurusan tersebut selalu penuh. Antusias animo masyarakat inilah salah satu upaya kita mendirikan magister ilmu komunikasi,” ujar Prof. Mulyanto, Rabu (31/8/2022).

“Cara pendiriannya pun kita juga sudah berdarah-darah di tiga tahun terakhir. Alhamdulillah, tanggal 16 Agustus 2022 ini SK pendirian magister ilmu komunikasi sudah keluar,” imbuhnya.

Dia menjelaskan pembukaan pendaftaran awal ditargetkan bisa menerima 20 hingga 30 mahasiswa. Target tersebut terlihat saat yudisium jurusan ilmu komunikasi 1 September mendatang sudah terdapat ada 130 lulusan.

“Jika melihat hal itu kita mematok target 20-30 mahasiswa magister insyaallah sudah terlampaui, terlebih pihaknya juga akan memberikan diskon untuk alumni Untag hingga 50 persen, sedangkan untuk jurnalis sebanyak 30 persen,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Prodi Magister Ilmu Komunikasi Untag Surabaya Dr Teguh Priyo Sadono menambahkan, para program magister yang dibukanya ini, ada dua kajian bidang yakni Tourism Communication dan Marketing Communication.

“Untuk Tourism Communication, kami nilai ada kepentingan dalam pemenuhan kebutuhan tenaga komunikasi dibidang kepariwisataan yang relatif belum ada. Padahal kebutuhan dibidang ini sangat tinggi,” ungkap Teguh.

“Sementara untuk Marketing Komunikasi dari hasil riset animo cukup tinggi untuk bidang marketing,” imbuhnya.

Teguh juga menambahkan, lamanya proses pengajuan Magister Ilkom disebabkan karena adanya perubahan nomenklatur prodi, yang dulunya ada 7 butir pilihan kemudian dirubah. Hal itu tentu berpengaruh pada perubahan proposal.

“Selain itu adanya perubahan pada lembaga pemberian ijin operasional, yang sebelumnya dikeluarkan oleh Dirjen Dikti saat ini harus melalui BAN PT lebih dulu. Jadi proses pengajuan dan bentuk proposal berubah sesuai standard kreditasi BAN PT, yang jelas ada proses administratif yang cukup panjang,” jelasnya. 

Sedangkan, Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr. Dyah Sawitri, mengatakan sangat mensupport atas dibukanya Magister Ilmu Komunikasi di Untag Surabaya.

Menurutnya hal ini menjadi bagian terpenting dalam proses pembelajaran sehingga dia berharap atas support untuk input dari kampus seperti adanya dosen, mahasiswa, kurikulum rencana pembelajaran, rencana penilaian dan lainnya.

“Tidak lupa saat berproses yang juga menjadi penting karena mencerminkan identitas karakter perguruan tinggi yang ada. Sehingga hal tersebut yang menjadi tolak ukur LLDikti dan menggapai mimpinya World Class University,” jelasnya.

Dia menambahkan. Selain itu yang paling utama tentang output yang diperoleh saat proses di jenjang tersebut, sebagai diimplementasikan pendidikan tinggi di Indonesia. “Itulah bentuk menjaga Marwah pendidikan tinggi di Indonesia dengan mempunyai kualitas dengan proses yang benar sesuai SN Dikti Nomor 3 tahun 2020,” tandasnya. (red.hr)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved