Sabtu, 15 Oktober 2022

Alat Berat Terseret Banjir Lahar Gunung Semeru

Alat Berat Terseret Banjir Lahar Gunung Semeru

 


Lumajang, rakyatindonesia.com - Hujan deras yang mengguyur kawasan Gunung Semeru mengakibatkan banjir lahar mengalir ke sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS). Banjir lahar ini pun menyeret sebuah alat berat milik penambang bernama Bakar (50) di Sungai Mujur, Desa Nguter, Kecamatan Pasirian, Lumajang.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Karena, operator alat berat sedang tidak berada di dalam kemudi alat berat.

"Terjadi banjir lahar Gunung Semeru sehingga alat berat saya terseret banjir lahar hingga 10 meter. Akibat terseret banjir lahar kondisi alat berat mengalami kerusakan," ujar pemilik alat berat, Bakar, Sabtu (15/10/2022).

Sementara itu, Petugas BPBD kabupaten Lumajang mengimbau warga dan para penambang yang berada di daerah aliran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi banjir lahar Semeru.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar daerah aliran sungai yang dialiri banjir lahar Semeru untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi banjir lahar," ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Selain Sungai Mujur, banjir lahar Gunung Semeru juga menerjang sejumlah daerah aliran sungai yakni Besuk Kobokan, Besuk Sat, Leprak dan Rejali. Hingga kini, status Gunung Semeru masih level tiga atau siaga. (red.dl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved