Senin, 10 Oktober 2022

Tanah Longsor Menutup Jalan di Wilayah Trenggalek Selatan Hingga Terisolasi

Tanah Longsor Menutup Jalan di Wilayah Trenggalek Selatan Hingga Terisolasi

 

Trenggalek, rakyatindonesia.com - Arus lalu lintas antar-kecamatan di wilayah Kabupaten Trenggaek bagian selatan, Provinsi Jawa Timur, terganggu akibat tanah longsoran yang tanah menutup bagian jalan.

"Titik longsor ini terjadi di jalur yang menghubungkan Kecamatan Kampak dengan Kecamatan Watulimo. Tepatnya di ruas jalan Desa Pakel," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek Tri Puspita Sari di Trenggalek, Senin (10/10/2022).

Meski bukan jalan utama, jalan yang tertutup tanah longsor tersebut merupakan jalan penting bagi warga Kecamatan Kampak dan Watulimo, Trenggalek.

"Itu jalur singkat bagi warga dari (Kampak) untuk menuju daerah Watulimo atau juga sebaliknya. Kalau jalan utama kan harus melingkar dulu melewati Kecamatan Gandusari, Durenan, masuk wilayah Bandung Kabupaten Tulungagung, baru masuk kembali wilayah Watulimo Trenggalek," kata Aby, warga Kecamatan Kampak.


Karena bagian jalan penghubung kedua kecamatan tersebut tertutup longsoran tanah, warga harus menempuh perjalanan yang lebih jauh. Warga antara lain menggunakan jalur jalan yang melewati Gandusari.

"Ada jalan lain, tapi lebih jauh, lebih lama karena memutar arah lewat Gandusari itu. Kalau kendaraan roda dua ada jalan alternatif, tapi jalannya curam dan licin saat hujan seperti ini," kata Paijan, warga Kecamatan Kampak.

Selain menutup bagian jalan, longsoran tanah juga mengancam satu rumah yang berada di dekat area yang longsor. Tri Puspita mengatakan bahwa pembersihan longsoran tanah di bagian jalan antar-kecamatan membutuhkan alat berat.

"Harapan kami semoga cepat dibersihkan karena ini jalan untuk aktivitas warga sini. Jalur ini setiap hari digunakan untuk anak-anak pergi ke sekolah dan untuk jalur perekonomian warga," katanya. (red.dl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved