Minggu, 13 November 2022

Kota Surabaya Serentak Gelar Kerja Bakti Bersama Bersihkan Saluran Air

Kota Surabaya Serentak Gelar Kerja Bakti Bersama Bersihkan Saluran Air

  


Surabaya, rakyatindonesia.com - Kegiatan kerja bakti bersama masyarakat melalui Program Surabaya Bergerak berupa membersihkan saluran air mulai digelar serentak di 31 Kecamatan di Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan kegiatan peduli lingkungan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Surabaya bersama masyarakat di tingkat RT/RW di lingkungan perkampungan.

"Kegiatan ini dilakukan agar tidak ada banjir, genangan, sampah di selokan, hingga nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD)," kata Cak Eri panggilan lekatnya.

Cak Eri menjelaskan Pemkot Surabaya telah berusaha secara optimal dalam pembangunan saluran-saluran primer dan sekunder, serta melakukan pemeliharaan terhadap saluran lama. Upaya tersebut juga harus didukung dengan pemeliharaan saluran tersier yang terdapat di pemukiman rumah warga.

"Maka saya berharap saluran tersier yang ada di perkampungan bisa dibersihkan agar tidak buntu. Kalau tidak dibersihkan bisa menimbulkan genangan saat turun hujan," kata Cak Eri.

Dia menjelaskan jika saluran tersier di perkampungan warga tersebut kecil maka Pemkot Surabaya akan membantu untuk melebarkan saluran. Namun, Cak Eri meminta kepada masyarakat untuk peduli dengan kebersihan saluran.

"Insya Allah Surabaya akan menjadi lingkungan yang nyaman dan bersih serta terbebas dari penyakit," kata dia.

Untuk itu, Cak Eri meyakini, dengan kerja bakti bersama maka masalah-masalah tersebut bisa teratasi.

"Warga Surabaya ini punya budaya Arek. Artinya, warga itu punya rasa tolong-menolong, gotong-royong dan saling menghormati. Ketika pemerintah memberikan contoh itu, maka warga juga akan ikut bergerak," ujar Cak Eri. (red.dl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved