Senin, 21 November 2022

Lereng Bromo Hujan 5 Jam, 2 Kelurahan di Kota Probolinggo Terendam Banjir

 Lereng Bromo Hujan 5 Jam, 2 Kelurahan di Kota Probolinggo Terendam Banjir



Probolinggo, rakyatindonesia.id - Hujan deras selama 5 jam di kawasan lereng Gunung Bromo, tepatnya di Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, menyebabkan Sungai Legundi meluap. Luapan air mengakibatkan banjir ke permukiman warga yang letaknya ada di dataran rendah.

Luapan air dari Sungai Legundi ini juga merendam Jalan Prof Hamka. Arus lalu lintas terpaksa ditutup.

Petugas dari BPBD, PUPR, Pemkot Probolinggo, Polres Probolinggo Kota, Kodim 0820, turun ke lokasi banjir yang rendam permukiman. Rumah-rumah warga di 2 kelurahan, yakni Sumber Wetan dan Pohsangit Kidul terendam banjir.

Banjir setinggi 50 -70 cm terjadi sejak pukul 18.00 WIB dan masih belum surut hingga berita ini diterbitkan. Tertutupnya Dam Kalep dengan tumpukan sampah turut memperparah banjir.

"Hujan deras di atas sejak jam 3 sore membuat debit air terus meninggi di aliran Sungai Legundi. Air meluber ke rumah warga, sawah, dan jalan raya di jalur selatan," kata salah seorang warga Ponghasit Kidul, Sutikno kepada wartawan, Minggu (20/11/2022) malam.

Sementara Kalaksa BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo mendapat laporan warga soal Sungai Legundi meluber. Saat ini pihaknya terus berkoordinasi menangani warga terdampak banjir.

"Kita bersama instansi terkait turun ke lokasi dan akan berkoordinasi dengan pihak PUPR serta Dinas Lingkungan Hidup untuk mengatasi sampah yang sumbat arus air di Sungai Legundi" tegas Sugito.

BPBD Kota Problinggo mengimbau warga yang bermukim di bantaran aliran sungai agar tetap waspada. Banjir sewaktu-waktu bisa meluas karena intensitas hujan yang diprediksi tinggi selama sepekan ke depan.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved