Minggu, 27 November 2022

Persiapan Momen Nataru 2023, Hutama Karya Prediksi Bakal Terjadi Lonjakan Volume Lalu Lintas di Tol Terpeka

Persiapan Momen Nataru 2023, Hutama Karya Prediksi Bakal Terjadi Lonjakan Volume Lalu Lintas di Tol Terpeka


 

    Sumatra Selatan, rakyatindonesia.id - PT Hutama Karya (HK) memperkirakan bakal terjadi lonjakan volume kendaraan di sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), selama momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

    Salah satunya terjadi di ruas JTTS Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), diprediksi akan mengalami peningkatan volume kendaraan hingga 25 persen per harinya.

    Artinya, Tol Terpeka diperkirakan akan dilewati hingga 11.250 kendaraan per harinya saat momen Nataru 2023.

    Mengingat dari data milik Hutama Karya, sebanyak 9.000 kendaraan melintas di Tol Terpeka setiap harinya saat kondisi normal.

    "Volume lalu lintas harian di tol Terpeka saat Nataru 2023 diprediksi naik 20 persen, dengan kenaikan maksimal hingga 25 persen," ujar Yoni Satyo Wisnuwardhono, Branch Manager Hutama Karya ruas Terpeka, Sabtu (26/11/2022).

    Lanjut menurut Yoni, kenaikan volume kendaraan maksimal bisa saja terjadi saat puncak arus mudik dan arus balik Nataru 2023.

    Lalu untuk jenis kendaraan yang melintas, kemungkinan besar akan didominasi oleh angkutan penumpang dan mobil keluarga.

    "Kenaikan tadi diprediksi, akibat dari masuknya kendaraan dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa dan sebaliknya," imbuh Yoni.

    Dengan adanya prediksi tersebut, Yoni pun akan mengebut pemeliharaan dan perbaikan Tol Terpeka agar bisa selesai sebelum momen Nataru 2023.

    Untuk progres pemeliharaan rutinnya, seperti perbaikan di lokasi flexible pavement antara KM140 hingga KM330 sekarang sudah mencapai 47 persen.

    Lalu untuk rekontruksi beton rigid di KM140 sampai KM330, progresnya sekarang sudah mencapai 90 persen.

    "Kami akan optimalkan agar perbaikan jalan tak mengganggu arus lalu lintas saat Nataru 2023," sebutnya.

    EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, menuturkan sebanyak delapan ruas JTTS dengan total panjang 547 Km akan dioperasikan pada momen Nataru 2023.

    Terdiri dari Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Terpeka, Tol Palembang-Indralaya dan Tol Pekanbaru-Dumai.

    Kemudian ada Tol Pekanbaru-Bangkinang, Tol Medan-Binjai, Tol Binjai-Stabat dan Tol Sigli-Banda Aceh.

    Tak sampai situ saja, ia juga berusaha untuk terus melakukan perbaikan di sejumlah ruas JTTS guna menyambut momen Nataru 2023.

    "Ini pas Nataru seperti biasa kami siapkan fasilitas yang lebih baik, perbaikan jalan, hingga optimalisasi fungsi rambu-rambu lalu lintas," kata Tjahjo secara terpisah.

    Terkait volume kendaraan di JTTS pada Nataru 2023, terhitung bakal mengalami pertumbuhan sebesar 12,88 persen jika dibandingkan pada Nataru 2022 lalu. (red.lf)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved