Minggu, 11 Desember 2022

Harga Telur Masih Tinggi, Bisa Sampai Rp 33.000 per Kilogram

Harga Telur Masih Tinggi, Bisa Sampai Rp 33.000 per Kilogram

  


Jakarta, rakyatindonesia.com - Harga telur ayam di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, masih stabil di angka Rp 31.000 per kilogram pada Ahad, 12 Desember 2022. Menurut salah satu pedagang di pasar tersebut, Azam, harga telur sudah biasa naik menjelang Natal dan Tahun Baru. Biasanya kenaikan harga tertinggi terjadi sekitar lima hari sebelum Natal.

“Natal tahun kemarin sampai Rp 33.000 sekilo. Jadi, masih ada kemungkinan harganya naik lagi,” kata Azam ketika ditemui di kiosnya.

Adapun kenaikan yang terjadi hingga hari ini, Azam melanjutkan, sudah berlangsung sejak akhir bulan November. Kenaikan harga terjadi secara bertahap, mulai dari Rp 27.000, kemudian Rp 29.000, hingga sekarang tertinggi di angka Rp 31.000 per kilogram. 

Sementara ihwal pasokan, Azam menyebut stok dari pemasok masih aman. Namun, kenaikan harga telur sering dikeluhkan pelanggannya. Bahkan, tidak sedikit yang memutuskan putar balik alias batal membeli.

“Ya, lumayan banyak yang ‘aduh kok mahal banget’,” kata Azam. “Tapi kan saya cuma ngikut aja. Harga supplier naik, ya saya naikkan harga. Kalau harganya turun, saya ikut turun,” ujar dia. 

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas mengklaim harga bahan pokok stabil menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Namun, dia tidak menyangkal jika harga telur masih melonjak di atas Rp 30.000 per kilogram.

Menurut dia, harga telur naik lantaran sedang terjadi peningkatan permintaan. Saat ini harga telur ayam juga dinilai masih wajar. “Harga telur juga akan segera melandai ketika permintaan sudah menurun,” kata Zulhas melalui keterangan tertulis, dikutip Kamis, 8 Desember 2022.

Untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok di akhir tahun ini, dia menyatakan kementeriannya terus berkoordinasi dengan kementerian maupun lembaga terkait. Di antaranya dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan beberapa asosiasi pelaku usaha.

Senada dengan Zulhas, Kepala Bapanas Arif Prasetyo Adi menilai pasokan dan harga bahan pokok telah terkendali. Dia mengatakan stok hari ini sampai jelang Natal dan tahun baru masih mencukupi. Pemerintah pusat juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyelenggarakan operasi pasar.  

“Masyarakat atau konsumen dipersilakan hadir untuk mendapatkan harga bahan pokok terjangkau terjangkau,” kata Arif.

Sementara itu, berdasarkan panel harga Bapanas yang diakses pada hari ini, Ahad, 12 Desember 2022, harga rata-rata telur ayam tercatat stabil di angka Rp 29.610 per kilogram. Sedangkan dari data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga rata-rata telur ayam masih tercatat sebesar Rp 30.900 per kilogram atau naik 0,32 persen. (Red.Sl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved