Senin, 02 Januari 2023

Akibat Hujan Deras, Plengsengan Sepanjang 20 Meter di Kota Blitar Ambrol

Akibat Hujan Deras, Plengsengan Sepanjang 20 Meter di Kota Blitar Ambrol

Blitar, rakyatindonesia.com - Plengsengan di Jalan Sumatera Lingkungan Karanglo, Kelurahan Karangtengah, Sananwetan, Kota Blitar ambrol. Ambrolnya plengsengan tersebut akibat guyuran hujan deras.

Plengsengan yang ambrol itu berada di belakang pemukiman warga. Sedangkan di seberangnya sungai merupakan area persawahan. Beberapa puing atau bongkahan plengsengan terlihat jatuh ke sungai.

"Sekitar jam 04.00 WIB Subuh tadi. Warga mendengar plengsengan ambrol. Kemudian kita segera lapor ke BPBD dan melakukan kerja bakti," kata Ketua RT 02/RW 15 Lingkungan Karanglo Nugroho Widodo saat di lokasi, Senin (2/1/2023).

Nugroho menyebutkan panjang plengsengan yang ambrol itu sepanjang sekitar 20 meter. Sedangkan ketinggiannya mencapai 4 meter dari sungai.

"Ambrol karena sebelumnya hujan deras jadi tidak kuat menahan air. Airnya itu luapan dari area sawah yang ada di atas sungai, jadi meluber," terangnya.

Menurut Nugroho, plengsengan ini sebelumnya sudah pernah ambrol, yakni sekitar lima tahun yang lalu. Sehingga plengsengan ini termasuk baru dibangun. Namun, hari ini kembali ambrol.

Saat ini warga sekitar melakukan kerja bakti untuk membersihkan material plengsengan yang ambrol. Itu dilakukan agar aliran sungai tidak menggerus plengsengan yang berada di atas rumah warga.

"Ada satu rumah yang berpotensi ambrol, jadi kami bersihkan dulu. Supaya lancar arus sungainya," jelasnya.

Kabid Kedaruratan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Blitar, Setya Wiratno mengatakan sudah menerima laporan terkait plengsengan yang ambrol tersebut. Pihaknya pun sudah melakukan asesmen dan sedang melakukan persiapan untuk pemasangan terpal.

"Sudah kami asesmen. Ini tim sedang persiapan kesana (plengsengan ambrol). Nanti akan dipasang terpal dan karung pasir," tandas Setya. (Red.Sl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved