Kamis, 12 Januari 2023

Jakarta, rakyatindonesia.co.id - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur Jawa Barat berupaya untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan setelah musibah gempa bumi yang melanda pada November 2022. Langkah yang dilakukan antara laim menggencarkan promosi berwisata aman melalui media sosial.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur Pratama Nugraha mengatakan pada pertengahan 2022, angka kunjungan wisata ke wilayahnya mulai meningkat seiring dilonggarkannya berbagai pembatasan. Namun kunjungan kembali menurun akibat bencana alam yang terjadi menjelang akhir tahun lalu.

"Saat ini, getaran gempa terus berkurang bahkan dalam beberapa hari terakhir tidak ada gempa yang dirasakan di seluruh wilayah Cianjur sehingga promosi berwisata aman digencarkan melalui media sosial guna meningkatkan angka kunjungan," kata Pratama, Rabu, 11 Januari 2023.

Kabupaten Cianjur memiliki beragam destinasi wisata andalan yang menarik, seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan wisata alam Savilage, Situs Meghalitikum Gunung Padang serta sejumlah air terjun dan pantai yang indah.

Pratama mengatakan promosi wisata itu juga melibatkan konten kreator lokal Cianjur dan Jawa Barat. Melalui konten kreatifnya, mereka dapat mengenalkan berbagai objek wisata Cianjur dan menarik minat wisatawan dari berbagai kalangan.

Tahun ini, Pratama menargetkan angka kunjungan wisatawan bisa mencapai 6 juta orang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. "Kami juga akan ikut dalam berbagai program promosi dan kegiatan pameran wisata di regional sampai nasional," kata Pratama.

Untuk mendukung kunjungan wisata ke Cianjur, Pratama mengatakan pihaknya juga akan menyiapkan beragam infrastruktur pendukung. "Pemerintah daerah dan provinsi membantu perbaikan dan pembangunan jalan guna memudahkan wisatawan untuk sampai ke tujuan serta pembangunan pusat oleh-oleh khas Cianjur di tempat wisata," kata dia. (Red.Sl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved