Selasa, 24 Januari 2023

Kades Kedungdowo Suprapto Jadi Idola Masyarakat

Kades Kedungdowo Suprapto Jadi Idola Masyarakat

  


Nganjuk, mataperistiwa.com - Suprapto merupakan Kades Kedungdowo, Kecamatan Nganjuk. Kiprahnya sebagai kades memang masih segar. Pasalnya, dia baru dilantik akhir tahun lalu. Meski baru menjabat sekitar satu bulan, dia tetap menjadi jujukan warga ketika ada sebuah permasalahan.

Tidak sedikit warganya datang menemui untuk curhat. Uniknya, persoalan yang sering dicurahkan cukup beragam. Mulai dari permasalahan ekonomi hingga asmara. “Sejak sebelum saya jadi kades juga sudah banyak warga yang datang curhat ke saya,” ujarnya kepada wartawan kemarin.

Baginya, seorang kades tidak hanya menjadi pemimpin saja. Namun, juga sebagai seorang ayah bagi warga-warganya. Oleh karena itu, Suprapto tidak pernah menolak dijadikan tempat curhat. Dia akan tetap berusaha mendengarkan setiap permasalahan warga dengan seksama.

Ketika bisa menemukan solusi, dia akan langsung memberikan pertimbangan dan nasihat. Namun jika buntu, Suprapto akan menyimpan keluhan tersebut untuk dijadikan pekerjaan rumah (PR). “Sambil saya pikirkan matang-matang apa solusi terbaiknya,” tutur ayah tiga anak tersebut.

Selain jadi tempat curhat soal asmara, Suprapto mengaku sering mendapat keluhan terkait lingkungan yang kurang bersih. Menyikapi hal tersebut, dia akan langsung menggerakkan warga untuk kerja bakti. Dia tidak ingin menunda sebuah masalah. Semakin cepat dapat ditangani, akan lebih baik. Itu prinsip yang selalu diyakininya.

“Walaupun libur seperti hari ini (kemarin, red) tapi kalau ada yang minta saya harus tetap hadir,” kata pria yang terpilih dalam Pilkades Pergantian Antarwaktu (PAW) tersebut.

Dia menyadari, tugas sebagai kades tidak hanya ketika sedang berada di kantor. Pria berusia 50 tahun itu menegaskan, pelayanan kepada masyarakat tidak dibatasi jam kerja. Melainkan, dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Termasuk saat sedang berada di rumah.

“Di kantor desa itu hanya untuk hal yang formal,” tandasnya.

(red.id)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved