Sabtu, 18 Februari 2023

Pakistan Terima Kembali Benih yang Diinapkan di Luar Angkasa

Pakistan Terima Kembali Benih yang Diinapkan di Luar Angkasa

 

Jakarta, rakyatindonesia.com - Pakistan pernah mengirim set benih dari tujuh spesies tanaman obat ke Tiangong, stasiun antariksa milik Cina, menumpang pesawat luar angkasa Shenzhou 14 pada Juni 2022. Pakistan bereksperimen untuk dapat menghasilkan mutasi yang menguntungkan pada gen benih dengan cara memaparkannya pada radiasi kosmik dan gaya berat mikro.

Kini, benih yang dikirim bersama dengan misi astronot Cina itu telah kembali ke tangan Pakistan setelah tinggal selama enam bulan di stasiun luar angkasa Tiangong. Shenzhou 14 dan krunya telah kembali ke Bumi pada 4 Desember 2022. Sebuah upacara merayakan kembalinya benih tanaman dari Tiangong diadakan di Islamabad, Pakistan, pada 8 Februari 2023.

Benih tersebut untuk membantu penelitian Pakistan dalam mengembangkan benih yang lebih toleran terhadap lingkungan. Ilmuwan Pakistan berencana menanamnya dan saat yang sama melakukan penelitian komparatif tentang gen dan karakteristik pertumbuhan.

Cina telah lebih dulu dengan eksperimen serupa: mengirim benih ke luar angkasa dalam upaya mengembangkan varietas tanaman baru dengan hasil dan kemampuan beradaptasi yang lebih besar. Yang dilakukan Pakistan adalah contoh kerja sama internasional di stasiun luar angkasa Tiangong.

Ke depan kerja sama dijanjikan diperluas untuk melihat eksperimen internasional melalui program bersama Cina-PBB.

Di luar ini, Pakistan sebelumnya telah menyatakan niatnya untuk mengirim astronotnya ke Tiangong, meskipun Cina belum secara terbuka memberikan konfirmasinya. Sedangkan Badan Antariksa Eropa tidak akan mengirim astronotnya ke stasiun luar angkasa Cina dalam waktu dekat, meskipun ada pertukaran pelatihan dalam beberapa tahun terakhir. (Red.sl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved